Lihat ke Halaman Asli

Barca Indah, Madrid Efektif

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Pertandingan pekan ke 34 liga spanyol memberikan tampilan permainan indah ala Barcelona dan efektif ala Madrid, yang memberikan kemenangan kepada Madrid dengan Skor tipis “1-2”. Banyak kalangan yang menaruh ekspektasi kemenangan penuh atas keindahan pola permainan barcelona dengan ala tiki takanya. Hal ini pun didukung oleh keuntungan laga home oleh barca yang diprediksikan memperoleh kemenangan. Seperti pertandingan semi final liga champion saat melawan tim Inggris Chelsea, Barca tampil dominan namun tidak membuahkan satu gol pun yang diakhiri dengan kemenangan kandang di stamford bridge oleh Chelsea.

Di luar itu perang urat syaraf ranah media juga mewarnai kedua tim spanyol ini, paling sering saling menyindir dan bahkan saling memuji, termasuk penggemar di Indonesia yang ikut-ikutan sebagai ahli seolah-olah timnas kita sering masuk putaran final Piala Dunia, mulai dari komentatornya yang luar biasa dengan segala tanggapannya sampai dengan pendukung setia yang tak jarang saling menghina (ola la la ...). hal ini membuat saya yakin bila ada Putaran Piala Dunia untuk komentator hebat, kita pasti masuk FINAL dan mungkin juara.

Sebagai orang awam yang memahami football or soccer, kita mestinya harus merefleksikan bahwa keberhasilan sistem persepakbolaan ditunjang oleh banyak variabel, mulai dari kompetisinya, lembaga pengelolaanya (PSSI yang bersifat politis) sampai pada penjaringan pemainnya (padahal jumlah penduduk kita banyak “260-an juta jiwa men”), bahkan kita (PSSI) layaknya Mourinho berani melawan FIFA (hehehehe...) sampai Presiden pun secara tersirat turun tangan (Amazing...)

Kembali ke leptop (Barca and Madrid), dua tim ini sama-sama baik, dan untuk musim ini belum layak kita katakan Madrid tim terbaik, karena perjalan liga Spanyol belum berakhir, dan perjuangan Barca dan Madrid di kancah liga champion masih belum usai. Sebagai orang awam lagi saya berharap MADRID JUARA LIGA dan BARCAJUARA CHAMPION, ini cukup adil.

Maaf yach kalo pandangan saya sedikit ngawur, maklum orang awam, Bravo Timnas....
Jaya Indonesia,,, (^_^)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline