Lihat ke Halaman Asli

ISJET @iskandarjet

TERVERIFIKASI

Storyteller

TV SUHD, Senjata Baru Samsung Lanjutkan Dominasi Pasar di Tahun 2015

Diperbarui: 17 Juni 2015   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14248636501375381496

[caption id="attachment_352981" align="aligncenter" width="640" caption=" CEO dan Presiden Samsung Electronics Asia Tenggara dan Oceania Yong Sun Jeon meluncurkan Samsung SUHD TV di Samsung Forum 2015, 12 Februari 2015. (iskandarjet)"][/caption]

Selama dua tahun terakhir (2013-2014), Samsung menguasai pangsa pasar televisi layar datar di Indonesia dengan tingkat akupansi mencapai 36 persen di akhir 2014. Bahkan, seperti diungkapkan Presiden Direktur Samsung Indonesia Yoo Young Kim, Indonesia merupakan pasar yang paling pesat perkembangannya untuk semua lini produk Samsung.

Tahun ini, Samsung memprediksi pasar Indonesia akan jauh lebih bergairah dibanding tahun 2014, antara lain karena semakin tingginya pertumbuhan GDP Indonesia dibanding negara ASEAN lain, terus meningkatnya daya konsumsi masyarakat kelas menengah dan semakin stabilnya kondisi politik pascaterbentuknya pemerintahan baru.

1424069107512220927


Direktur Samsung Electronics Australia Brad Wright menjelaskan kelebihan televisi lengkung JS9500 berlayar SUHD ukuran 88 inci di atas panggung Samsung Forum 2015. (iskandarjet)

“Jumlah kelas menengah terus bertambah, tingkat konsumsinya juga bertambah,” kata Direktur Consumer Electronic Samsung Indonesia Ryan Tirta Yudhistira saat memaparkan rencana perusahaannya di tahun 2015.

Itulah yang mendorong Samsung untuk terus berinovasi dalam menciptakan teknologi TV layar datar, khususnya untuk televisi kelas premium, yang saat ini diwakili oleh produk televisi Ultra High Definition (TV UHD).

Kalau Anda bertanya mengapa Samsung menyasar kelas premium, jawabannya ada pada semakin besarnya nilai bisnis yang didapat dari produk premium. Ryan memaparkan, meskipun volume unitnya paling kecil dibanding jenis televisi lain, tapi televisi premium diprediksi akan memberikan kontribusi pendapatan hingga 17 persen sepanjang tahun ini.

“Pertumbuhan pasar premium di Indonesia juga melonjak paling tajam dibanding yang lainnya. Tahun ini kami prediksi pertumbuhannya akan mencapai 330 persen,” imbuh Ryan di acara Samsung Forum 2015, Bangkok.

Era Baru Evolusi TV

Dari tahun ke tahun, demikian Ryan, Samsung memimpin pasar dengan inovasi berkelanjutan. Mulai dari era TV LED ultra slim yang dipelopori Samsung di tahun 2009, televisi pintar pada tahun 2011, sampai lahirnya televisi layar lengkung UHD pertama yang diluncurkan Samsung di ajang Samsung Forum 2014.

[caption id="attachment_352982" align="aligncenter" width="640" caption="TV SUHD Samsung di ajang Samsung Forum 2015, Bangkok. (iskandarjet)"]

1424863740736113455

[/caption]
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline