Lihat ke Halaman Asli

Armando Balses

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

KKN-T IPB: Pengelolaan Hama Terpadu di Pantai Mekar Kecamatan Muaragembong

Diperbarui: 4 Agustus 2022   23:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

KKN-T IPB: PENGELOLAAN HAMA TERPADU DI PANTAI MEKAR KECAMATAN MUARAGEMBONG

oleh Armando Balses | Rabu, 3 Agustus 2022 | Pantai Mekar

Kabupaten Bekasi, Kecamatan Muaragembong, Desa Pantai Mekar (21/07/2022) Mahasiswa KKN-T IPB (Institut Pertanian Bogor) mengadakan sosialisasi terkait pengelolaan atau pengendalian hama terpadu (PHT) untuk mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang pertanaman para petani di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong. Selain dari penyakit dan hama, penggunaan pestisida juga menjadi isu yang diperhatikan dalam terlaksananya PHT yang baik dan benar. Pengendalian Hama Terpadu merupakan sebuah pengendalian terhadap hama dan penyakit dengan menggunakan berbagai pendekatan atau metode untuk menekan serangan dari hama dan penyakit pada tanaman .

Mahasiswa KKN-T IPB juga memberikan informasi terkait aplikasi pada gawai atau smartphone yang dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit pada tanaman khususnya cendawan dan bakteri, yaitu PlanTix. Selain itu, mahasiswa IPB juga melakukan pembagian benih hasil dari produksi Institut Pertanian Bogor.   

dokpri

"Mahasiswa KKN itu dapat menjadi 4 hal, mediator, motivator, fasilitator, dan dinamisator," ujar Dosen Pembimbing Lapang Kecamatan Muaragemobong, Dr. Ir. Akhmad Endang Zainal Hasan, M.Si.

Mahasiswa sebagai motivator yaitu menjadi pendorong atau memberikan dorongan atau penggerak untuk memotivasi warga setempat dalam melaksanakan suatu kegiatan. Sebagai fasilitator yaitu menjadi pembantu atau yang membantu warga untuk memahami tujuan bersama atau bisa dibilang sebagai fasilitator. Sebagai mediator yaitu dalam menjembatani permasalahan yang ada pada masyarakat. Dan terakhir sebagai dinamisator yaitu menjadikan sesuatu itu bekerja sehingga menimbulkannya tenaga untuk bergerak bersama masyarakat.

Pengelolaan hama terpadu (PHT) yang disosialisasikan di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong ini berupa identifikasi dan pengendalian hama dan penyakit padi, penggunaan pestisida yang baik dan benar, pengenalan dan penggunaan aplikasi Plantix, dan mendistribusikan benih produk IPB. Kegiatan ini dilaksanakan 2 (dua) hari yaitu pada Jumat, 21 Juli dan Minggu, 23 Juli 2022 yang berlokasi di Dusun 03 dan Dusun 04.

HAMA DAN PENYAKIT PADI

Desa Pantai Mekar terdiri dari 4 dusun dimana masing-masing dusun memiliki bidangnya masing-masing. Dusun 01 dan dusun 02 berada di dekat laut dimana kedua dusun tersebut mencakup sektor pertanian dalam bidang pertambakan (udang dan ikan). Kemudian dusun 03 dan dusun 04 mencakup sektor pertanian dalam hal persawahan khususnya padi dan palawija.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline