Lihat ke Halaman Asli

Perang Dingin: Bagaimana Asal Muasalnya?

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Selama tahun 1945-1991, ketegangan dan persaingan antara AS dan Uni Soviet begitu nyata sampai runtuhnya Uni Soviet.Istilah "perang dingin" (cold war) diciptakan oleh Bernard Baruch pada tahun 1947 dan menandakan agresi ideologi, ekonomi, dan diplomatik antara AS dan Uni Soviet.
Bukan hanya para pelaku ekonomi yang dipertaruhkan selama periode Perang Dingin. Amerika Serikat prihatin tentang perluasan militer
berbasis komunisme. Selama Perang Dunia II, Uni Soviet telah mencaplok 3 negara yaitu Latvia, Lithuania, dan Estonia dan kemudian membentuk pemerintahan boneka di negara-negara Eropa Timur yang diduduki oleh pasukannya.

Sebagai reaksi, kebijakan luar negeri Amerika Serikat menahan arus ekspansi militer tersebut. Karena Uni Soviet dan Amerika Serikat adalah negara adidaya global, maka kemudian banyak negarayang membuat keputusan dengan menyesuaikan diri diantara keduanya. Dan, meskipun kedua negara tidak pernah dipaksa bertempur secara face-to-face, namun mereka sering ditarik ke medan konflik sepertiPerang Korea dan Vietnam.

Sebenarnya persaingan dan ketegangan diantara keduanya telah terbentuk setelah Perang Dunia I (1914-1918). Pada akhir perang ini, Presiden AS, Woodrow Wilson, memutuskan bahwa bentuk-bentuk diplomasi kuno yaitu imperialisme dan nasionalisme harus disalahkan atas pecahnya konflik itu. "Liberalisme," kata Wilson, "adalah satu-satunya yang bisa menyelamatkan peradaban." Pada tahun 1918, Wilson menyerukan 4 hak-hak dasar yang memerlukan "jaminan saling kemerdekaan politik" dan, yang terpenting, kondisi untuk terciptanya perdagangan bebas.

Lenin menentang seruan itu. Sejak saat itu ideology Amerika Serikat dan Uni Soviet bertolak belakang serta terus menerus berkembang menjadi konflik ideology yang akut. Ideologi Soviet dan Amerika bersifat universal; kedua negara menyatakan bahwa konsepsi mereka soal masyarakat diterapkan untuk semua bangsa dan semua orang. Kedua negara membanggakan diri pada modernitas mereka, berusaha untuk menggantikan apa yang mereka lihat sebagai tradisi yang hampir mati dari Eropa - dan akhirnya mengubah Eropa itu sendiri. Kedua negara, selanjutnya, mengunggulkan ideologi progresif; mereka menggambarkan sejarah sebagai rangkaian perbaikan, yang tidak lain terwujud dalam penyebaran pengaruh mereka sendiri (Engerman, “Ideology and the Origins of the Cold War,” hlm. 23).

Demokrasi liberal Wilson dengan demikian selamanya mencari elemen oleh yangbagi Lenin dan Stalin justru harus dihindari. Wilson melihat Bolshevisme (revolusi menumbangkan Tsar Nicholas II, 1917) sebagai "kesalahan."

Setelah perang usai, Wilson mendorong pembentukan Liga Bangsa-Bangsa, sebuah forum bagi negara-negara independen untuk menyelesaikan masalah secara damai. Organisasi ini terancam oleh fakta bahwa Amerika Serikat tidak pernah bergabungke dalamnya, bahkan cenderung mengisolasi diri dari kancang politik global (John Lewis Gaddis, The Cold War: A New History, hlm. 16).

Uni Soviet, di bawah Stalin, segera melakukan industrialisasi. Amerika Serikat tidak pernah memberikan pengakuan diplomatik ke Uni Soviet hingga tahun 1933. Pengakuan ini dimotivasi oleh kepentingan ekonomi dan politik. Depresi Besar (Great Depression, krisis ekonomi global pada 1930-an) memaksaAmerika Serikat untuk mencari hubungan komersial yang lebih besar dan itu bersamaan dengan kebangkitan Sosialisme Nasional di Jerman yang dianggap sebagai ancaman.Relasi kedua negara bergejolak ketika Stalin menyepakati pakta perdamaian dengan Hitler pada tahun 1939 (Vladislav M. Zubok, A Failed Empire: The Soviet Union in the Cold War from Stalin to Gorbachev, hlm. 29-30).

Perang Dunia Kedua mengubah hubungan Uni Soviet dan Amerika Serikat. Pada tahun 1941, Hitler menyerbu Uni Soviet dan, setelah itu Jepang menyerang Pearl Harbor diikuti deklarasi Hitler yang menyatakan perang terhadap Amerika. Di sini Hitler melakukan kesalahan fatal, membuka perang di dua front, dan mengundang ke kekuatan industri terbesar di bumi. Dia begitu percaya akan kekuatannya sendiri, dan meremehkan Amerika Serikat (Peter Calvocoressi & Guy Wint, Total War: Causes and Courses of the Second World War, hlm. 170-171).

Uni Soviet dan Amerika Serikat berjuang di sisi yang sama sebagai bagian dari Sekutu yang secara bertahap mengubah momentum perang. Pemulihan luar biasa Uni Soviet setelah pengepungan Stalingrad mampu memukul mundur Jerman melalui ke Eropa. Ketika Tentara Merah bertemu dengan pasukan Amerika diTargou pada sisi barat Sungai Elbe pada bulan April 1945, sebagian besar negara-negara Eropa Timur telah dibebaskan dari kontrol Nazi oleh pasukan Soviet.

Tidak ada yang bisa menyebabkan Stalin untuk menarik diri dari wilayah tersebut. Uni Soviet telah hancur oleh invasi Jermandan membuatnya kehilangan lebih dari 20 juta penduduk, infrastruktur rusak, ekonomi hancur, sementara sebagian besar penduduk yang masih hidup yang baik terserang kelaparan atau kemiskinan yang parah. Stalin tidak ingin hal ini terjadi lagi, dan jika itu berarti mendominasi negara-negara itu, maka itu adalah pilihan tidak terhindarkan bagi Soviet.

Pihak Sekutu berharap bahwa pemilu yang bebas dan tak terkekang akan diizinkan mengikuti prinsip-prinsip Piagam Atlantik. Eropa Timur harus punya pilihan. Dalam kebanyakan kasus, hal ini tidak terjadi (Walter LaFeber, America, Russia, and the Cold War, 1945-2006, hlm. 20).

Hal itu dibahas dalam serangkaiandiantara Uni Soviet, Amerika Serikat, dan Inggris. Pemimpin Soviet Stalin, Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt, dan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, bertemu di Teheran pada bulan Desember 1943.

Meskipun percakapan terutama pada masalah-masalah militer, mereka membahas prospek untuk perubahan perbatasan di Eropa. Rooseveltmengajukan gagasan kepada Stalin rencana Amerika untuk membentuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Stalin terkesan. Churchill kemudian bertemu dengan Stalin hampir setahun kemudian, dan setuju pada kesepakatan yang memberikan otoritas dominan Uni Soviet di Rumania dan Bulgaria, sementara Inggris (dengan persetujuan Amerika Serikat) akan memiliki kewenangan mayoritas di Yunani. Kekuasaan akan dibagi untuk Hungaria dan Yugoslavia.

Menjelang akhir perang, di Yalta, pada tahun 1945, ketiga negaramembahas, antara lain, reparasi Jerman, pembagian Jerman (Barat dan Timur), PBB, dan masa depan Polandia. Stalin mendukung pembentukan PBB. Uni Soviet tidak akan terisolasi dalam organisasi tersebut.

Roosevelt dan Churchill ingin jaminan dari Stalin bahwa akan ada pemilu yang demokratis di Eropa Timur (Daniel Yergin, Shattered Peace: The Origins of the Cold War and the National Security State, hlm. 54-68). Kedua diplomat Barat itu memutuskan pada tahun 1941 bahwa tujuan pasca-perang adalah mencapai situasi supaya "semua orang ... memilih bentuk pemerintahan di mana mereka akan hidup," dan, tentu saja, "menjalin kerjasama dengan semua bangsa di bidang ekonomi."Deklarasi ini dirumuskan pada sebuah kapal perang di lepas pantai Newfoundland dan dikenal sebagai Piagam Atlantik.

Stalin, menyetujui permintaan mengenai Eropa Timur, tetapi terus mengabaikan mereka. Kematian Roosevelt pada April 1945 mendorong wakil presidennya, Harry Truman, ke dalam keributan negosiasi. Pada bulan Juli dalam tahun yang sama, para pemimpin Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet berkumpul untukkonferensipasca perang di Potsdam. Awalnya, Truman tidak memiliki banyak pengaruh pada konferensi tersebut, karena sepanjang posisinya, Roosevelt hampir tidak pernah memberitahu perkembangan apapun.

Namun, ketika Truman telah diberitahu bahwa AS telah berhasil menguji sebuah bom atom, ia tampil lebih percaya diri. Isu Jerman mendominasi diskusi. Stalin yang ngotot memperolehganti kerugian dari Jerman, akhirnya menerima tawaran untuk mengambil mereka dari zona Soviet. Sebuah perbatasan antara Jerman dan Polandia diakui dan Dewan Menteri Luar Negeri yang dibentuk untuk mengatasi masalah yang belum terselesaikan di masa depan. Kebuntuan di Eropa berlangsung terus menerus.

Pada akhir perang, Uni Soviet dan Amerika tidak lagi tertarik urusan global dan berusaha untuk bersikap netral. Transformasi Eropa Timur berjalan dengan baik, meskipun tidak berkembang dalam cara yang seragam: kondisi politik yang berbeda dari masing-masing negara mengakibatkan berbagai bentuk kontrol komunis. Di Yugoslavia dan Albania, misalnya, Partai Komunis setempat menghasut perubahan domestik; sementara di tempat lain, seperti di Rumania dan Bulgaria, Stalin memberlakukan hak prerogatifnya. Pada 1947-1948, transisi ke komunisme di Eropa Timur berlangsung hampir menyeluruh.

Pemerintah Amerika Serikat ingin menghentikan apa yang dilihatnya sebagai ekspansi tanpa henti Soviet. Presiden Truman tidak diam menonton perubahan Eropa Timur; segera ia mencoba untuk mengubah itu. Pada awal 1946, ia sampai pada kesimpulan bahwa Uni Soviet ekspansi Soviet telah berkembang. Dia ingin penarikan pasukan Soviet dari Iran untuk memblokir setiap upayaStalin untuk mempengaruhi Turki atau Laut Hitam Selat Mediterania, dan mengkonsolidasikan kontrol di kawasan Pasifik. Selain itu, Truman tidak akan mengakui "negara polisi" seperti Rumania dan Bulgaria. "Saya tidak berpikir kita harus bermain kompromi lagi," tulisnya, "Aku bosan menuruti kehendak Soviet." Itu adalah langkah dramatis dibandingkan dengan kebijakan Roosevelt (Yergin, Shattered Peace, 160-162).

Pada bulan Februari tahun 1946, Stalin menyampaikan pidato penting. Dia menyatakan bahwa kapitalisme adalah penyebab perang dan kelangsungan hidup Uni Soviet adalah bukti bahwa komunisme akan menang (Melvyn P. Leffler, A Preponderance of Power: National Security, the Truman Administration, and the Cold War, hlm. 103.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat berpikir pidato itu bernada mengecam. Mereka meminta komentar dari George Kennan, seorang pejabat pemerintah Kedutaan Besar Amerika di Moskow. Setelah lulus dari Universitas Princeton, Kennan memasuki Dinas Luar Negeri pada tahun 1926, belajar bahasa Rusia, dan menjadi seorang ahli di Uni Soviet. Ia bekerja untuk pemerintah Amerika Serikat di Moskow dan Eropa dan selanjutnya, ia mengembangkan kepercayaan diri dalam anggapannya sendiri tentang bagaimana Amerika harus melakukan diplomasi. Pada tahun 1944, ia mengambil posisi sebagai Penasihat Kedutaan Besar di Moskow.

Kennan telah lama percaya bahwa Uni Soviet tidak bisa dipercaya, dan Soviet berusaha menciptakan revolusi dunia. Dia juga berpikir bahwa kebijakan luar negeri Amerika terlalu lembek. Menanggapi permintaan pendapatnya, ia menghasilkan "telegram panjang," sebuah dokumen disampaikan kepada atase militer dan angkatan laut saat ia berbaring sakit di tempat tidur.

Tahun berikutnyaKennan menulis ulangpendapat itu dan diterbitkan di Jurnal Forreign Affairs, dengan menggunakan nama samaran "X." Di dalamnya, Kennan mengatakan: "Ini harus selalu diasumsikan di Moskow bahwa tujuan dari dunia kapitalis bertentangan dengan rezim Soviet dan ini akan tetap terjadi sampai sifat internal kekuasaan Soviet berubah. Dalam keadaan seperti ini jelas bahwa unsur utama dari setiap kebijakan Amerika Serikat terhadap Uni Soviet harus bahwa jangka panjang, sabar tapi tegas dan waspada terhadap kecenderungan ekspansif Soviet."

Pada tanggal 5 Maret 1946 Perdana Menteri Churchill, didorong oleh Truman, berbicara secara terbuka tentang ketakutannya akan Uni Soviet. Di Fulton, Missouri, ia mengatakan:

Dari Stettin di Baltik ke Trieste di Adriatik, sebuah tirai besi telah menyelimuti seluruh benua. Di belakang garis yang terbentang di semua ibukota negara Eropa tengah dan timur. Warsawa, Berlin, Praha, Wina, Budapest, Belgrade, Bucharest, dan Sofia, tunduk, dalam satu bentuk atau lain, tidak hanya pengaruh Soviet tetapi dengan ukuran kontrolsangat tinggi dari Moskow.

Pidato itu tersiar luas. Stalin menanggapi dengan menuduh Churchill sebagai seorang penghasut. Namun demikian, perasaan anti-komunis di Amerika menguat. Truman merasa bahwa Soviet tidak bisa dipercaya dan telah melanggar semua perjanjian.

Dia meminta dua pembantu dekatnya, Clark Clifford dan George Elsey, untuk menulis laporan tentang pelanggaran Soviet atas berbagai perjanjian itu. Laporan Clifford-Elsey menjadi dokumenyang mendeskripsikan Uni Soviet dalam terang kemungkinan terburuk, salah mengartikan kekuatan militer Stalin, dan dominasi komunis dunia yang ditakdirkan.

Itu adalah laporan tertulis dan terinspirasi oleh orang-orang yang tidak bisa melihat apa-apa selain bahaya dan konflik dalam tindakan dan kebijakan yang muncul dari Moskow. Tidak ada satu pun uraian laporan itu yang tidak disetujui.

Pada musim gugur 1946, elvin Leffler mengatakan, "ada kesepakatan umum di Amerika Serikat bahwa Kremlin adalah musuh ideologis tanpa ketakutan yang sah atau keluhan ... Perang Dingin telah dimulai."

Hubungan Uni Soviet dan Amerika berada dalam keretakan yang sulit dipulihkan. Semakin terancam oleh prospek ekspansi komunis melalui sarana subversif, terdapat situasi berpotensi berbahaya yang dikembangkan di Yunani dan Turki. Inggris tidak bisa lagi mendukung kedua negara itu secara moneter dan militer karena kondisi ekonomi domestic yang menurun.

Truman menangkap momen itu. Dia berdiri di hadapan Kongres dan meminta bantuan keuangan dan militer bagi kedua negara tersebut, dalam apa yang disebut Doktrin Truman. "Pada saat ini dalam sejarah dunia," kata Truman, "hampir setiap negara harus memilih gaya hidup alternatif. Pilihannya sering tidak gratis sama sekali."

Bantuan ke Yunani dan Turki, dan permintaan kepada PBB untuk memaksa penarikan pasukan Soviet dari Iran menjadi upayademonstratif Amerika untuk menyerang komunisme dan menjamin akses yang aman atas pasokan minyak dari Timur Tengah. Sebuah rencana lebih lanjut dikembangkan untuk memberikan bantuan keuangan ke seluruh Eropa.

Di Eropa Barat, Perang Dunia Kedua telah merusak pola perdagangan dan pembayaran; terjadi pada musim dingin yang sangat keras tahun 1946-1947mendorong kelaparan dan tunawisma. Kekalahan Jerman telah menghancurkan perekonomian Eropa. Amerika ketakutan jika penderitaan sosial itu akan mengundang komunis.

George C. Marshall, Menteri Luar Negeri, menyerukan Rencana Pemulihan Ekonomi untuk Eropa (Marshall Plan), yang akan didanai dengan miliaran dolar.

Keputusan untuk memasukkan Eropa Timur dan Uni Soviet dalam Rencana Marshall punya motivasi taktis. Gedung Putih tahu sepenuhnya dengan baik bahwa Stalin tidak akan membiarkan negara-negara komunis lainnya di Eropa yang akan terpikat kerja sama keuangan dengan Amerika. Ini akan mengungkapkan kontrol Stalin atas wilayah tersebut. Seorang pembantu Gedung Putih, George Elsey, menegaskan: "Tidak pernah ada pemikiran bahwa Soviet benar-benar akan bergabung dengan Marshall Plan tapi itu langkah yang diinginkan untuk membujuk dunia bahwa kami benar-benar menjadi altruistik.

Seperti diduga, Eropa Timur akhirnya dilarang untuk ikut serta dalam inisiatif Marshall. Stalin menanggapi Marshall Plan dengan membentuk Biro Informasi Komunis (Cominform), sebuah organisasi yang dirancang untuk menjamin bahwa partai-partai komunis Eropa akan menjalankan apa yang sudah dipraktikkan di Soviet.

Jangan lupa! Dari awal 1950-an sampai tahun 2000 Amerika Serikat mendukung sejumlah rezim nondemokratik di "Dunia Ketiga.” Kementerian Luar Negeri dan badan-badan intelijen memasok uang pemimpin oposisi sayap kanan di Afrika, Asia, dan Amerika Latin. Infus uang Amerika untuk junta militer di seluruh dunia selama era Perang Dingin-menghasilkan kekejaman terhadap gerakan buruh dan serikat pekerja, korupsi, dan puluhan tahun kebijakan sosial regresif.Semua dengan satu tujuan: membendung komunisme!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline