Lihat ke Halaman Asli

L Faiz

Nothing but To Share

Ergonomika Pekerjaan

Diperbarui: 29 Desember 2021   08:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ergonomi atau ergonomika ialah bidang keilmuan yang merancang sesuatu agar sesuai dengan kebutuhan manusia. Asal kata dari ergonomic ini diambil dari Bahasa Yunani “ergos” yang memiliki arti kerja dan “nomos” yang berarti aturan. 

Dari penjelasan mengenai asal kata tersebut, sebenarnya sudah dapat dikategorikan mengenai ergonomic ini merupakan ilmu yang memiliki dasar pengaturan yang diterapkan dalam pekerjaan sehingga hasil yang diharapkan ialah pekerjaan manusia lebih mudah dan terbantu sehingga mengurangi rasa gangguan terhadap pekerjaan manusia. Tujuan dari penyesuaian tersebut ialah untuk menambah produktivitas serta mengurangi rasa ketidaknyaman saat melakukan pekerjaan.

Spektrum Ergonomi

Lingkungan yang baik, tertata rapi, serta kondusif bisa ditujukan pada suatu konsep desain ergonomic yang menghilangkan keterbatasan antara pekerjaan dan pekerja yang ada. 

Namun tak jarang juga, ergonomic ini berkonsep pada aspek fisik, serta aspek kognitif lainnya. Berikut merupakan spektrum yang terdapat pada ergonomic:

Physical ergonomy

Erat kaitannya dengan karakteristik anatomi, antropometri, fisiologi, dan biomekanik manusia yang berhubungan dengan aktivitas fisik. 

Dalam physical ergonoy ini, aspek yang ditinjau lebih banyak mengacu pada lingkungan kerja yang menuntu pekerja lebih sering berada disekitar tempat tersebut. 

Spektrum ini juga ditujukan untuk mengatasi penyelesaian atas berbagai masalah di lingkungan kerja, seperti gangguan musculoskeletal atau gangguan pada otot dan tulang. 

Area yang menjadi fokus dari physical ergonomic ini termasuk dampak dari gerakan repetitive pekerja di lingkungan kerja, keamanan di tempat kerja, kenyamanan dalam menggunakan perangkat, desain dan tata letak keyboard, postur tubuh saat bekerja, serta situasi lingkungan kerja secara utuh.

Cognitive ergonomy

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline