Lihat ke Halaman Asli

Isar Dasuki Tasim

Profil sudah sesuai dengan data.

Tahun 2018, Politik, Ekonomi Kah yang Akan Meningkat?

Diperbarui: 2 Januari 2018   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tahun 2017 telah meninggalkan kita, dan tahun 2018 telah hadir mengikuti alur hidup mahluk yang ada di bumi ini. Atau kita yang mengikuti alur dari tahun yang baru ini. Tahun baru biasa diikuti dengan semboyan-semboyan yang suka mengikuti, tahun politik kah, tahun ekonomi lah, tahun kembangkitan kaum pecinta tekonologi atau apalah yang orang lain menyebutnya, yang jelas tahun 2018 telah hadir dan mari kita sambut dengan motivasi baru agar kita tidak ketinggalan dengan segala macam sebutan orang, tetapi mengisi tahun berjalan harus memiliki kekuatan dalan diri dan lembaga, seperti negeri ini harus memiliki motivasi tinggi bukan hanya sekedar kerja, kerja, kerja saja tetapi target kedepan bagi rakyat bagaimana ?

Di sinilah pentingnya pengelola negara untuk memiliki daya nalar dan insting untuk mensejahterakan rakyat. Infra struktur  memang penting untuk menunjang peningkatan ekonomi, tetapi lebih penting bagai mana rakyat dapat hidup sejahtera dan memperoleh kerja mudah, itu sederhananya rakyat berpikir. Dikaitkan dengan tahun 2018 yang menurut pengamat ini merupakan tahun politik dimana ditahun 2018 terjadi pilkada serentak pemilihan ratusan Kepala Daerah Bupati/Walikota dan beberapa Gubernur, di Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa tengah dan lainnya. 

Kegaduhan politik jangan di takuti tetapi jadikan sebagai peluang usaha bagi rakyat di daerah, salah satunya dengan membuka percetakan emblin dan kaos serta sepanduk yang ramai di pesan oleh para kandidat dan partai-partai pengunsung, sehingga politik dapat meningkatkan ekonomi rakyat. Selain itu usaha kuliner juga akan bergairah karena banyak di pesan oleh kandidat untuk konsumsi kampanye, pokoknya ini harus di  siasati agar menjadi peluang bagi meningkatnya ekonomi rakyat.

Nah Apakah tahun 2018 itu tahun politik atau tahun peningkatan ekonomi rakyat, keduanya bisa di capai asal konsentrasi pengelola negara dalam bidangnya selalu fokus. Penindakan korupsi oleh KPK jalan terus jangan di ganggu, peningkatan pembangunan jalan terus serta menteri terkait harus mau menjalankan sesuai dengan bidang profesinya. 

Jadi tahun 2018 dapat meningkatkan ekonomi asal mau mengahadapi tantangan di depan sebagai peluang, untuk di kelola sehingga bisa menghasilkan pemasukan, baik bagi rakyatnya maupun bagi pengelola negeri ini. Selamat tahun baru 2018.(IDT)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline