Lihat ke Halaman Asli

Perkuliahan di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 31 Januari 2022   16:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berjalan lebih dari dua tahun lamanya. Hingga sampai saat ini, pandemi tersebut belum juga berakhir. Dan masih kita rasakan dampaknya yang luar biasa sampai sekarang ini. Termasuk pengaruhnya terhadap dunia pendidikan yang masih menerapkan sistem belajar online. 

Meskipun, ada wacana bahwa kampus akan memulai perkuliahan secara offline pada semester depan, Namun apabila kasus Covid-19 masih terus melonjak naik, maka tidak menutup kemungkinan pemerintah akan menunda lagi wacana itu. 

Akibat sistem kuliah online mahasiswa tentu dituntut untuk dapat belajar secara mandiri dan mempunyai inisiatif dalam mengembangkan segala potensi dan wawasannya. Sedangkan pada saat ini covid 19 memiliki varian baru yaitu seperti omicron yang sedang heboh-hebohnya pada saat ini.

Keberadaan varian Omicron kini mulai mendominasi di Indonesia. Berdasarkan data dari KEMENKES RI yang dihimpun pada 23 Januari 2022, jumlah kasus varian Omicron sudah mencapai 1.406 kasus. Dengan aadanya virus omicron membuat sistem perkuliahan akan ditunda lagi untuk memulai secara offline. 

Dari sisi positif kuliah daring memberikan lebih banyak waktu dirumah untuk berkumpul bersama keluarga, bersama ayah, ibu, sodara, yang membuat mahasiswa lebih dekat dan lebih akrab bersama keluarga dirumah, dan dengan waktu luang tersebut mahasiswa dapat mengisi kegiatannya dengan berbagai hal seperti olahraga dan banyak hal lainnya yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. 

Walaupun banyak waktu luang di rumah, mahasiswa mulai jenuh dengan pembelajaran sistem daring. Karna pembelajaran sistem daring sulit di mengerti belum lagi. 

Kebanyakan siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas dikarenakan tidak ada penjelasan-penjelasan awal dari dosen tentang tugas yang dibebankan tersebut. Dan belum lagi banyak sekali mata kuliah pratikum yang harus diajarkan langsung secara offline.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline