Lihat ke Halaman Asli

Isa Saburai

Lagi nyari jati diri, tetapi terlanjur dipaksa mencintai

Perlunya Sekolah Menjalin Kerjasama untuk Masa Depan Pelajar

Diperbarui: 3 September 2024   03:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UNDIP

. Hai, Sekelik Koko Isa Saburai

Ketika kalian masuk ke suatu dunia pendidikan atau instansi, apa si yang kalian cari? Selian ilmu, ya.

Bisa dipastikan nama instansi yang bagus, mempunyai alumni yang cerdas, dan pastinya sekolah tersebut mempunyai atau menjalin relasi untuk menunjang pelajar itu sendiri.

Ini kita berbicara tentang semua pendidikan, ya. Mulai dari SD, SMA/SMK, bahkan perkuliahan.

Dengan instansi menjalin kerja sama dengan perusahaan atau pemerintah, itu bisa menjadikan nilai lebih untuk para pelajar tidak bingung lagi dalam mencari pekerjaan, tinggal mengasah skill dan menyesuaikan mereka mau masuk ke perusahaan apa.

Namun, tidak sedikit juga instansi yang bodo amat dengan apa itu kerja sama. Ketika ia sudah mendapatkan siswa atau pelajar maka mereka tidak memikirkan juga masa depan alumni-alumninya. Sungguh miris!

Bukankah lembaga yang bagus dan keren itu tercipta dari para alumni juga? Tanpa alumni, lembaga pendidikan hanya sebatas bangunan saja dan tidak ada manfaatnya.

Semua itu saling bersinambungan dan saling membutuhkan. Jadi, jangan sampai melupakan satu sama lain. Pihak instansi harus selalu sabar dan mengayomi para alumni, sedangkan alumni juga harus selalu membawa nama baik instansi di mana pun berada.

Setiap masalah pasti ada, entah instansi ke pelajar atau pelajar ke instansi, tetapi perlu kita renungkan dan berpikir kembali bahwa bersyukur adalah kunci untuk saling mengerti.

Lihatlah, kawan-kawan kita di luar sana tidak bisa sekolah atau melanjutkan sekolah. Betapa inginnya mereka merasakan apa yang kita rasakan, tetapi semua itu hanya sebuah angan-angan dan tidak akan bisa dirasakan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline