Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan dan Teknologi

Diperbarui: 9 April 2016   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pendidikan berbasis teknologi dalam konteks ini tidak selalu diartikan pada pekerjaan yang berkaitan dengan hitung – menghitung, namun ia juga menjadi bagian dari proses pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian informasi. Akibatnya tiap jaringan komunikasi dapat saja beralih menjadi sentra informasi dan bukannya komputernya lagi. Pemanfaatan yang dulu terbatas kini telah memasuki kategori yang strategis, pengaruhnya pada kelangsungan pendidikan tidak dapat dipungkiri lagi. Dalam bidang pendidikan misalnya, internet telah memainkan peranan penting dalam proses pembelajaran. Tantangan yang kita hadapi dimasa depan cenderung berkembang semakin kompleks yang ditandai dengan semakin cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai akibat dari arus globalisasi yang semakin cepat dan terbuka.

Kemajuan yang pesat dalam bidang teknologi dan informatika menyebabkan kemampuan komputer maju. Kemajuan teknologi informasi kini telah mengubah cara masyarakat menghabiskan waktu dan cara mengerjakan sesuatu. bias manfaatnya sangat begitu luas. Kini muncul bentuk-bentuk perubahan baru dalam aktifitas kehidupan masyarakat sebagai dampak dari kemajuan TI. Dunia pendidikan termasuk yang paling diuntungkan dari kemajuan TI karena memperoleh manfaat yang luar biasa. Mulai dari eksplorasi materi-materi pembelajaran berkualitas seperti literatur, jurnal, dan buku, sampai membangun forum-forum diskusi ilmiah, , semua itu dapat dengan mudah dilakukan dan tanpa mengalami hambatan berarti karena setiap individu dapat melakukannya sendiri. Hal tersebut telah memberikan warna dalam sistem pendidikan dunia, yang dikenal dengan berbagai istilah e-learning, distance learning, online learning, web based learning, computer-based learning, dan virtual class room, dimana semuanya mengacu pada pengertian yang sama yakni pendidikan berbasis teknologi informasi.
Manfaat internet untuk bidang pendidikan adalah :

Dunia internet telah mendorong perombakan total konsep klasik tentang pendidikan yang selama ini berlaku, sedikit demi sedikit mulai berubah. Teknologi Informasi dengan mudah telah menghilangkan batasan ruang dan waktu yang selama ini membatasi dunia pendidikan. Beberapa konsekuensi logis yang terjadi adalah :
1.Mahasiswa dapat dengan mudah mengambil mata kuliah apa saja di seluruh dunia tanpa batasan Institusi dan Negara.
2.Mahasiswa dapat dengan mudah berguru pada para ahli dibidang yang diminati.
3.Kuliah dapat dengan mudah diambil dari penjuru dunia tanpa bergantung dimana lokasi Universitas tersebut.
4.Pelajar mempunyai kebebasan dan waktu yang cukup untuk mempelajari materi.

Faktor Penghambat pendidikan berbasis TI yaitu :
1. Disiplin pengajar dan pelajar
2.Pembuatan materi dalam bentuk elektronik cenderung membenani pengajar
3.Materi khususnya audio dan video umumnya berukuran besar, hal ini cenderung akan membebani siswa bila akses internet tidak memadai.
4.Kultur dan kebiasaan pelajar di Indonesia yaitu : pasif, kurang inisiatif, kurang bisa menuliskan konsep / diskusi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline