Mojokerto, 15 Januari 2025 --- Dalam semangat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, Kelompok R-05 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menyelenggarakan acara sosialisasi dan pelatihan bertajuk "Personal Branding 4.0: Strategi Menjadi Profesional yang Menonjol di Era Global". Acara ini berlangsung di Balai Desa Kalikatir dengan dihadiri oleh puluhan anggota Karang Taruna desa setempat.
"Kegiatan ini bertujuan membantu generasi muda desa untuk mengenali potensi diri dan membangun citra profesional yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja modern," ujar Affinal Islamovis, Ketua Kelompok KKN R-05. Pelatihan ini mencakup materi pengenalan personal branding serta praktik langsung pembuatan curriculum vitae (CV) kreatif yang menarik dan efektif menggunakan aplikasi canva.
Hasil dari kegiatan ini sangat positif. Para peserta dapat memahami materi dengan baik dan mereka sadar akan pentingnya personal branding di era global ini, para peserta juga berhasil menghasilkan CV yang dirancang sesuai standar profesional, lengkap dengan penguatan citra personal yang menonjolkan keahlian dan pengalaman mereka. Selain itu, peserta juga lebih memahami pentingnya membangun citra diri melalui platform digital, yang menjadi bagian dari materi pelatihan.
Mahasiswa KKN berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi Karang Taruna Desa Kalikatir untuk mengembangkan keterampilan mereka secara mandiri. "Kami optimis bahwa hasil pelatihan ini dapat membantu mereka lebih siap menghadapi dunia kerja dan memanfaatkan peluang di era global," tambah Erlen Dwi Panca Rotulloh Gunawan, Sekretaris Kelompok R-05.
Kegiatan ini menjadi bukti nyata bagaimana sinergi antara mahasiswa dan masyarakat mampu menciptakan dampak positif dalam pemberdayaan sumber daya manusia, terutama di daerah pedesaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H