Lihat ke Halaman Asli

Dieng Culture Festival

Diperbarui: 14 Maret 2022   10:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa sih yang tidak tahu dengan Dieng, hampir semua orang pasti tau dengan tempat itu. Sebuah tempat wisata yang menyuguhkan berbagai macam wisata alam yang indah dan mempesona. Begitu banyak pemandangan yang ada yang bisa dikunjungi bersama dengan keluarga maupun teman.

Dieng tidak hanya menyuguhkan pemandangan saja, namun ada banyak hal lain yang dapat ditemukan di tempat tersebut. Seperti halnya budaya, sejarah, dan peninggalan jaman dulu. Dieng juga ada acara besarnya yang setiap orang menantikan acara tersebut digelar. 

Banyak sekali rangkaian acara yang digelar, acara tersebut adalah Dieng Culture Festival. Acara Pesta Budaya terbesar yang diadakan setiap Tahunnya di Kawasan Wisata Dieng ini. Secara Garis besar, acara Dieng Culture Festival  hampir sama dengan sebelumnya, dengan Prosesi Ruwatan rambut Gimbal sebagai acara inti, dimeriahkan dengan Program-program lain seperti Pentas Seni Budaya, Pergelaran Wayang Kulit, Festival Film, Pertunjukan Jazz atas awan dan sebagainya.

Sebagaimana namanya merupakan Festival Budaya dengan konsep sinergi antara unsur Budaya Masyarakat, Potensi Wisata Alam Dieng serta Pemberdayaan masyarakat lokal sebagai misi dasar pembentukan acara tersebut. Acara ini digagas oleh Kelompok sadar Wisata dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat dan organsasi/ Dinas Terkait Kepariwisataan di Dieng.

Prosesi potong rambut gimbal menjadi hal yang difokuskan sebagai tradisi tahunan bagi masyarakat dieng. Kemudian acara yang paling rame atau paling dinantikan ialah pertunjukan jazz atas awan yang bisa mendatangkan ribuan pengunjung. Banyaknya pengunjung yang datang biasanya ingin menikmati malamnya dieng sambil mendengarkan musik. Dalam acara tersebut pernah mengundang Anji dan juga Isyana Sarasvati. Adapun pesta lampion yang diadakan yang juga memeriahkan acara. Namun semenjak

 pandemi datang acara Dieng Culture Festival sering diadakan secara virtual yang mana terkesan kurang dari acara" yang sebelumnya dilaksanakan tersebut. Mudah mudahan pandemi ini cepat berlalu dan bisa kembali menikmati Dieng Culture Festival.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline