Lihat ke Halaman Asli

Irza Fauziyah

Mahasiswa

KKN Angkatan 54 Kelompok 10 Adakan Sosialisasi Pembuatan Briket dari Limbah Jagung

Diperbarui: 24 Oktober 2022   20:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tegal - Mahasiswa KKN Angkatan 54 kelompok 10 UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan sosialisasi pembuatan briket dari bonggol jagung dengan tema "Pemberdayaan Petani Jagung Dalam Pengolahan Limbah Jagung" bersama para petani di Desa Balaradin, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal pada Rabu, (19/10). 

Pemateri dalam sosialisasi tersebut merupakan salah satu mahasiswa dari UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan yaitu Cici Widia Ningsih Prodi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah. Sosialisasi ini bertujuan untuk pemanfaatan limbah jagung yang ada di Desa Balaradin. 

Kelompok 10 berinovasi untuk menggunakan bonggol jagung sebagai briket yang nantinya dipasarkan melalui Digital Marketing.  Pembuatan briket dari bonggol jagung diawali dengan pembakaran bonggol jagung kemudian ditumbuk sampai halus lalu dicampur dengan tepung kanji dan proses terakhir yaitu berupa pencetakan. 

"Alhamdulillah, Acara berjalan dengan lancar dan masyarakat Desa Balaradin juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan petani Desa Balaradin untuk bisa tidak membuang bonggol jagung karena bisa dijadikan sesuatu yang kreatif." Ungkap dan harapan Muhammad Sulthoni Maulana selaku ketua pelaksana. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline