Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Liga 1 Bergulir Lagi, Kapan Jadi Liga Top Asia Tenggara?

Diperbarui: 11 Agustus 2024   06:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Press  Conference BRI Liga 1 musim 2024/2025 |dok. bola.net/Fitri Apriani

Liga 1 sebagai kompetisi kasta tertinggi persepakbolaan Indonesia untuk musim 2024/2025 telah resmi bergulir sejak Jumat, 9 Agustus 2024 kemarin.

Pada laga pembuka, Persib Bandung menjamu tim promosi yang belum lama ini menjuarai Liga 2, yakni PSBS Biak. 

Biak adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah utara pesisir Papua. Pulau di Teluk Cenderawasih itu langsung menghadap ke Samudra Pasifik.

Setelah Persipura Jayapura terlempar ke Liga 2, PSBS Biak menjadi penerus kejayaan Papua dalam kancah sepak bola nasional.

Persib sendiri adalah juara Liga 1 musim 2023/2024, setelah memenangi Championship Series (yang diikuti 4 klub yang menduduki peringkat teratas reguler series).

Pada pertandingan reguler, Borneo FC yang tampil sebagai juara. Bahkan, ketika Borneo masih menyisakan beberapa pertandingan, posisinya dipastikan tak bisa digeser lagi.

Kembali ke laga Persib melawan PSBS Biak, skor akhirnya adalah 4-1 untuk kemenangan tuan rumah. Kemenangan ini disambut meriah bobotoh yang memenuhi stadion Si Jalak Harupat.

Pada hari berikutnya, Sabtu (10/8), dilakukan 3 pertandingan, yakni PSM Makassar menang atas Persis Solo 3-0, dan Madura United ditahan imbang 1-1 oleh Malut United.

Malut United adalah tim promosi dan menjadi klub Maluku pertama yang berlaga di Liga 1. Ada lagi klub promosi lainnya, yakni Semen Padang FC, yang menjadi satu-satunya wakil Sumatera.

Masih di hari Sabtu (10/8), Persija Jakarta yang sekarang resmi berkandang di Jakarta International Stadium (JIS), menghabisi perlawanan Barito Putera Banjarmasin dengan skor 3-0.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline