Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Manfaat Nilai-Nilai Puasa untuk Membentuk Karakter Bangsa

Diperbarui: 24 April 2024   04:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi dok. Pixabay, dimuat riauonline.co.id

Karakter dapat diartikan sebagai nilai-nilai yang unik pada diri seseorang yang tercermin dari perilakunya sehari-hari. Karakter berhubungan erat dengan sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti.

Selain itu, karakter disebut pula sebagai atribut yang membentuk ciri pribadi, etis, dan kompleksitas mental dari seseorang, bahkan juga dari suatu kelompok atau bangsa.

Faktor-faktor utama yang membentuk karakter seseorang adalah perilaku kedua orang tuanya, lingkungan sosial, serta lingkungan alam tempat si anak tinggal atau sering beraktivitas.

Dalam kaitannya dengan bulan Ramadan yang baru kita tinggalkan, keluarga yang menjalankan puasa secara sungguh-sungguh di bulan Ramadan, akan melahirkan generasi yang baik karakternya.

Apalagi, bila keluarga tetangga juga begitu, dalam arti masyarakat di lingkungannya juga melaksanakan ibadah puasa dengan benar, maka lingkungan si anak betul-betul kondusif.

Perlu diingat, berpuasa secara sungguh-sungguh bukan sekadar menahan lapar dan haus saja. Tapi, tingkah laku dan tutur katanya pada orang lain, juga terkendali.

Dengan demikian, anak-anak yang mengikuti orang tua dan lingkungannya dengan berpuasa secara benar, akan terlatih berbicara jujur, sopan, dan tidak mem-bully teman-temannya.

Soal bully ini, seperti diketahui, sekarang ini makin banyak kasus yang terjadi di berbagai sekolah, dari tingakt SD hingga SMA, termasuk pula di pesantren.

Bukan hanya itu, di kalangan profesi terhormat pun banyak pula terjadi depresi dokter spesialis, karena saat mengikuti pendidikan calon dokter spesialis juga terkena pembulian.

Nah, bila nilai-nilai puasa Ramadan sudah terinternalisasi dalam jiwa seseorang, tak mungkin ia melakukan pembulian ke temannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline