Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Karyawan Butuh Pekerjaan yang Aman, Nyaman, dan Cuan

Diperbarui: 8 Maret 2024   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi karyawan profesional muda.(Dok. Shutterstock/Brain2hands via Kompas.com)

Human Capital Well-being atau kesejahteraan sumber daya manusia merupakan kondisi yang sangat diharapkan oleh para karyawan, di mana pun mereka bekerja.

Jika manajemen di perusahaan tempatnya bekerja memberikan berbagai hal yang membuat karyawan betah, maka baik perusahaan maupun karyawan, akan sama-sama diuntungkan.

Para karyawan akan terpacu produktivitasnya dan perusahaan pun akan menikmati peningkatan kinerja, dalam arti meraih peningkatan keuntungan.

Tentu, atas keuntungan yang meningkat itu sebaiknya juga mengalir ke karyawan sebagai bonus atau insentif, tergantung pada kinerja masing-masing karyawan.

Secara umum, ada tiga kondisi yang diinginkan karyawan, di mana ketiganya terjadi secara simultan. Kalau hanya terjadi dua dari tiga kondisi tersebut, karyawan akan kecewa.

Pertamaberkaitan dengan physical well-being, yang kira-kira berarti para pekerja itu sehat dan aman secara fisik. Jangan sampai setelah bekerja beberapa tahun, banyak karyawan yang sakit.

Di perusahaan yang peduli dengan kesehatan karyawan, mewajibkan karyawannya setiap sekali setahun untuk melakukan general check-up.

Lingkungan kerja pun harus aman dan sehat. Pada saat pandemi yang lalu, ketahuan perusahaan mana yang serius menyediakan berbagai peralatan untuk pencegahan Covid-19.

Banyak pula perusahaan yang membagi-bagikan obat dan suplemen makanan penambah daya tahan tubuh kepada semua karyawannya.

Tapi, tak sedikit pula perusahaan yang kurang serius, cenderung asal-asalan, dan bahkan ada yang tidak mau tahu dalam menangani kesehatan karyawannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline