Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Gen Z dan Milenial Penunggak Terbesar Pinjol dan Paylater

Diperbarui: 21 Mei 2024   06:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi dok. Getty Images/iStockphoto/Sitthiphong, dimuat detik.com

Perkembangan pinjaman online (pinjol) dan paylater sungguh sangat pesat. Kecepatan proses pemberian pinjaman, hanya dalam hitungan menit jika syarat terpenuhi, menjadi daya tarik utama.

Persyaratan bagi calon peminjam pun amat ringan, yakni cukup memberikan foto KTP, punya pekerjaan dan punya rekening bank yang masih aktif.

Kalau meminjam di bank, jelas prosesnya jauh lebih lama. Bank perlu menganalisis calon peminjam, dengan meneliti faktor 5C (character, capacity, collateral, condition, dan capital).

Kenapa analisis pihak bank demikian njelimet? Karena bank harus yakin terlebih dahulu dengan kemampuan si peminjam untuk mengembalikan pinjaman ke bank.

Lalu, kenapa pengelolaan pinjol relatif tidak selektif terhadap calon peminjam? Apakah mereka siap dengan tunggakan pinjaman yang tinggi?

Yang jelas, suku bunga pinjol jauh di atas suku bunga kredit perbankan. Besarnya suku bunga tersebut mencerminkan pengelola pinjol berharap dapat untung yang melebihi tingkat tunggakan.

Terhadap penunggak, pengelola pinjol sangat gigih menagih. Bahkan, pinjol akan mendapatkan keuntungan lebih besar karena tunggakan itu dikenakan denda selain bunganya tetap berjalan.

Begitulah kondisi sekarang. Perkembangan teknologi telah mengubah banyak hal, termasuka dalam cara bertransaksi dan cara pinjam meminjam.

Gen Z dan milenial sebagai generasi yang paling fasih menggunakan teknologi, tak ayal lagi, menjadi kelompok yang paling banyak memanfaatkan pinjol.

Untuk apa mereka meminjam? Ya, ada memang yang bersifat produktif seperti untuk modal usaha. Tapi, banyak pula yang konsumtif, misalnya membeli tiket konser atau untuk pergi berlibur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline