Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Kejutan Uzbekistan, Tekuk Inggris dan Ditunggu Perancis

Diperbarui: 23 November 2023   09:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perancis U-17, salah satu favorit juara | dok. Ikhwan Yanuar, dimuat bola.net

Piala Dunia U17 yang berlangsung di 4 kota di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Solo) sudah menyelesaikan pertandingan hingga babak 16 besar.

Dengan demikian telah didapat 8 tim yang melaju ke babak perempat final, setelah meraih kemenangan di babak perdelapan final yang berlangsung pada tanggal 20 hingga 22 November 2023.

Uniknya, tiga dari empat pertadingan di perempat final akan mempertemukan tim-tim yang berasal dari zona yang sama.

Hal itu tak terelakkan, mengingat kekuatan sepak bola dunia memang masih didominasi oleh 3 zona, yakni Eropa, Amerika Latin, dan Afrika.

Nah, negara mana saja yang maju ke 8 besar? Dua nama besar Amerika Latin, Brasil dan Argentina akan saling berhadapan. Artinya, salah satu akan terhenti alias gagal ke semi final.

Agak disayangkan, dua negara bertetangga itu harus saling bunuh lebih awal. Padahal, kalau bisa memilih, tentu keduanya ingin bertemu di laga final.

Brasil punya catatan mentereng karena sudah 4 kali juara dunia U-17. Argentina belum sekalipun juara, namun kekuatannya terlihat nyata sewaktu menghempaskan Venezuela 5-0 di 16 besar.

Demikian pula dua raksasa Eropa yang pernah menjadi juara dunia level senior, Spanyol dan Jerman, juga akan saling jegal. Kedua negara ini belum pernah juara dunia U-17.

Berikutnya, dua tim Afrika akan beradu kehebatan untuk meraih 1 tempat di semi final, yakni Maroko dan Mali. Maroko adalah tim yang menghentikan langkah Timnas Indonesia U17 di grup A.

Maroko berhasil melaju ke 8 besar setelah mengalahkan Iran melalui adu penalti. Sedangkan Mali sangat luar biasa dengan melumat Meksiko 5-0.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline