Waralaba (franchise) adalah suatu model atau sistem bisnis yang makin populer dan berkembang pesat, tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga merambah hingga kota kecil.
Secara umum, waralaba bisa diartikan sebagai kerja sama dalam bidang usaha dengan pola bagi hasil yang telah disepakati pihak-pihak terkait, yang mencakup hak kelola dan hak pemasaran.
Sistem waralaba akan memudahkan mereka yang tertarik jadi pelaku usaha, karena merek produk dan sistem operasionalnya sudah jadi atau sudah tersedia.
Ibaratnya, waralaba adalah jalan pintas dalam memulai usaha. Franchisor sebagai principal (pemilik waralaba atau pemilik brand), memberi hak kepada pembeli atau penyewa (franchisee).
Dengan demikian, si pembeli hak waralaba sudah bisa menjalankan usahanya menggunakan merek yang sudah diwaralabakan itu, lengkap dengan sistem operasionalnya yang sudah standar.
Maka, jangan heran bila gerai minimarket seperti Indomaret dan Alfamart demikian cepat berkembang biak, karena mereka yang punya modal bisa membeli hak dan membuka gerai.
Apalagi, bila melihat waralaba di usaha kuliner, banyak sekali nama-nama terkenal. Mulai dari waralaba asing seperti KFC, McDonalds, hingga waralaba lokal seperti Rumah Makan Padang "Sederhana".
Tapi, jangan mengira waralaba bisa berjalan sendiri dengan model autopilot. Kalau ada yang mengatakan seperti itu, mungkin itu gimik agar waralabanya banyak yang tertarik membeli.
Istilah autopilot awalnya muncul dalam dunia transportasi, seperti pesawat terbang, kapal laut dan mobil.
Sistem pilot otomatis itu membuat kendaraan mampu dikendalikan atau dipandu tanpa campur tangan manusia, karena sistem mekanikal, elektrikal dan hidraulisnya telah mengambil alih.