Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Pemasar Sukses, Gigih Tanpa Terkesan Memaksa Konsumen

Diperbarui: 13 Juli 2023   05:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi dok. CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari

Sekitar 3 hari yang lalu, saya ke apotik dengan niat membeli obat batuk merek tertentu. Tentu, merek tersebut saya cari karena selama ini cukup ampuh khasiatnya.

Setelah saya mendapatkan obat batuk dimaksud dan akan membayar di kasir, tiba-tiba seorang petugas di apotik itu mendekati saya.

"Bapak, ini ada Vitamin D lagi promo. Orang seusia bapak sebaiknya rutin mengonsumsi vitamin D, agar kesehatan tulang tetap terjaga," kata si petugas itu dengan ramah.

Saya paham, petugas itu seorang tenaga penjualan yang posisi berdirinya di bagian depan. Berbeda dengan petugas penerima resep dokter dan kasir yang biasanya di bagian belakang.

Bisa jadi ia karyawan di apotik tersebut dan begitu ada konsumen yang masuk, ia segera tahu produk kesehatan apa yang cocok untuk si konsumen yang baru masuk.

Karena saya sudah tidak muda lagi, ia tahu kekuatan tulang saya sudah berkurang. Dan memang, saya sendiri mulai gampang kecapean bila terlalu lama berdiri.

Apalagi bila saya agak lama berjalan kaki, berlari, atau naik tangga. Makin terasa bahwa di bagian lutut ada yang kurang beres.

Bisa jadi pula ia bukan karyawan apotik itu. Maksudnya, ia mungkin tenaga sales di sebuah perusahaan farmasi yang memproduksi sejumlah obat, termasuk vitamin D yang ditawarkannya.

Sudah hal yang biasa bila ada kerjasama antara perusahaan farmasi dengan apotik, di mana petugas dari perusahaan farmasi ditempatkan di sebuah apotik selama waktu tertentu. 

Cara yang sama sudah lebih dahulu diterapkan di berbagai supermarket. Misalnya, ada petugas dari perusahaan roti yang berdiri di counter roti di sebuah supermarket.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline