Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Generasi Z: Multitasking, Kutu Loncat, dan Tanpa Basa-basi

Diperbarui: 24 September 2023   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Gen Z. (Dok. Tirachardz/Freepik, dimuat Kompas.com)

Waktu bergulir terasa semakin cepat saja. Banyak orang yang merasa kaget kok tiba-tiba sudah memasuki usia pensiun, padahal rasanya belum lama berkarier.

Para pekerja boleh saja datang dan pergi, tapi sebuah perusahaan yang bagus pengelolaannya, akan tetap berkembang, meskipun generasi yang bekerja di sana telah berganti.

Artinya, jauh sebelum generasi terdahulu akan pensiun, generasi baru yang bertalenta tinggi telah direkrut, dilatih, dan disiapkan untuk melanjutkan kelangsungan usaha perusahaan.

Perusahaan seperti itu punya perencanaan sumber daya manusia yang matang dan secara periodik menerima karyawan baru.

Maka, sejak beberapa tahun terakhir ini, di berbagai perusahaan sudah terlihat bergabung anak-anak yang tergolong Generasi Z.

Generasi Z (sering disingkat Gen-Z) adalah generasi yang lahir dalam kurun waktu antara tahun 1997 hingga 2012. Di Indonesia, kehadiran Generasi Z di dunia kerja sudah semakin banyak.

Hal ini seiring dengan perkembangan komposisi penduduk negara kita, di mana berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per tahun 2020, jumlah Gen-Z tercatat 75,49 juta jiwa.

Jumlah tersebut di atas sama dengan 27,94 persen dari total populasi di Indonesia. Memang, Gen-Z kebanyakan baru di tahap awal karier, belum meraih posisi manajemen.

Justru itu, manajemen perusahaan yang banyak punya karyawan muda usia harus paham karakter Gen-Z, agar segenap potensinya bisa dikembangkan secara maksimal.

Dunia kerja Gen-Z harus dicermati secara tepat agar tak disalahpahami. Sesuatu yang dilihat sebagai kelemahan, sebetulnya masih bisa menjadi kekuatan jika dilihat dari sisi lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline