Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Hemat Listrik dengan Lampu Sensor Otomatis Berdasarkan Pergerakan

Diperbarui: 30 Agustus 2022   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi lampu dalam ruangan|dok. Shutterstock/Pixel-Shot, dimuat kompas.com

Ceritanya, saya diajak makan siang oleh seorang kepala divisi kantor pusat sebuah bank milik negara. Makannya di hotel berbintang lima di kawasan Jakarta Pusat.

Tentang makan di hotel, sebetulnya selera saya tidak begitu cocok. Ketahuan kan, kalau saya memang gak berbakat jadi orang elit. 

Ya, mungkin karena masa kecil saya terlanjur sering dijejali tempe, tahu, telur, terong, dan teri (kebetulan semuanya diawali huruf t), sehingga sampai sekarang pun selera saya tak jauh-jauh dari itu.

Adapun di hotel tersebut, menu makanannya didominasi oleh makanan asing. Ada juga yang makanan lokal seperti sop buntut, tapi dengan diolah ala hotel mewah, malah citarasanya jadi kurang pas di lidah saya.

Tapi, bukan soal makanan yang menjadi fokus tulisan saya kali ini. Di hotel itu, ternyata tidak gampang mencari tempat salat.

Meskipun saya sudah bertanya kepada petugas di restoran hotel itu, karena musala yang kecil menyempil dua lantai di bawah lobby (restoran satu lantai dengan lobby), saya perlu bertanya lagi pada orang lain.

Ternyata di ujung sebuah lorong ada ruangan semacam kantor administrasi, lalu saya harus masuk kantor itu, keluar lagi di ujung yang lain, baru ketemu musala.

Saya maklum, tamu-tamu hotel tersebut mungkin didominasi oleh orang asing yang non muslim, sehingga manajemen hotel tidak merasa perlu menyediakan musala yang representatif, yang sebanding dengan nama besar hotel tersebut.

Baik, saya juga tidak akan membahas lebih lanjut soal musala itu, tapi saya merasa aneh saja kenapa lorong menuju musala demikian gelap?

Eh, tapi begitu saya mendekati musala, tiba-tiba lampu hidup. Begitu pun ketika saya mau masuk ruang wudhu yang juga kecil, mulanya gelap, kemudian tiba-tiba lampu hidup sendiri.

Agaknya saya terlambat mengikuti perkembangan terkini soal lampu otomatis. Setelah saya bertanya, rupanya ada jenis lampu yang bisa menjadi solusi jitu untuk menghemat penggunaan listrik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline