Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Kuat Makan Pedas Level Tinggi? Boleh Bangga, tapi Ingat Bahayanya

Diperbarui: 4 Juni 2022   05:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi dok. Quora.com

Melihat tingkah para remaja dan anak muda dalam menikmati makanan, saya sering geleng-geleng kepala. Saya menangkap kesan, saat ini makanan yang berbumbu pedas level tinggi, semakin digemari.

Coba perhatikan iklan makanan di televisi. Cukup banyak yang menonjolkan aspek kepedasannya. Lalu, aksi bintang iklannya terlihat menahan pedas seperti "terbakar" lidahnya, namun ironisnya dengan ekspresi penuh bangga.  

Memang, ada sensasi tersendiri saat makan pedas. Tapi, wajarkah kalau itu dibangga-banggakan? Apakah mereka yang kuat makan makanan super pedas berarti manusia hebat?

Entah sejak kapan, sepertinya kebanggaan mampu makan pedas, telah "menular" ke banyak orang, khususnya anak muda dan remaja.

Apalagi, berbagai makanan jadi, pada labelnya mencantumkan level kepedasannya. Contohnya, level 1 yang paling tidak pedas hingga level 15 yang super duper pedas.

Kalau tidak keliru, mungkin belasan tahun lalu, produsen kripik di Bandung dengan brand "Maicih" yang memelopori istilah level kepedasan, dengan menggunakan level 1 hingga 10.

Keripik Singkong Maicih menuai sukses berkat rajin berpromosi di media sosial, sehingga terkenal tidak hanya di Bandung, tapi juga se-nusantara.

Kemudian, produsen makanan lain ikut-ikutan mengeluarkan produk dengan beberapa variasi level kepedasan. Dan ada permainan "psikologis", mereka yang berani mengonsumsi level tertinggi dipersepsikan sebagai jagoan. 

Itulah yang membuat mereka bangga. Jagoan makan pedas atau tukang makan pedas, sebuah "gelar" yang mungkin dianggap terhormat.

Halodoc.com (15/1/2020) menjelaskan bahwa sebenarnya pedas bukanlah rasa. Pedas merupakan suatu sensasi yang muncul akibat zat kimia bernama capsaicin.

Dan perlu diingat, ternyata lumayan banyak bahayanya makanan pedas. Bahaya tersebut, antara lain seperti ditulis di bawah ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline