Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Stres Gara-gara Kaburnya Batas Bekerja dan Urusan Pribadi

Diperbarui: 11 Oktober 2020   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. shutterstock, melalui seva.id

Suatu kali di kantor tempat saya bekerja, terjadi pertengkaran antara dua orang karyawati yang masing-masing sudah punya keluarga. Sebut saja yang terlibat adu mulut itu, namanya Bu Astri dan Bu Hema. Keduanya sama-sama staf di Bagian Analisis Laporan Keuangan, kantor pusat sebuah BUMN.

Mungkin kesal karena Astri sering pulang tenggo (tepat waktu pas pukul 16.30), padahal lagi banyak pekerjaan, Astri mengeluarkan kata-kata sindiran yang memerahkan telinga Hema. Saya lupa apa persisnya kalimat yang dilontarkan Astri. Tapi jawaban Hema yang berkesan, makanya saya teringat terus.

"Yang penting pekerjaan gue beres. Ini juga gue bawa kerjaan ke rumah. Lu liat aja, besok pagi juga kelar. Lu tu yang payah, masak kerjaan rumah lu bawa-bawa ke kantor," sergah Hema. "Liat tuh, perut lu bunting, kan itu kerjaan rumah yang lu bawa-bawa ke kantor," lanjut Hema, yang bikin teman lain yang ikut mendengar tertawa ngakak.

Baik, sepenggal kisah nyata karena saya merupakan salah seorang saksi yang melihat dan mendengar langsung peristiwa itu, hanya sekadar pembuka tulisan ini saja. Soalnya, hal itu berkaitan dengan topik yang saya tulis, yakni sesuai judul di atas, tentang batas antara pekerjaan kantor dan urusan pribadi.

Ketika itu, sekitar 15 tahun lalu, belum banyak orang yang di rumahnya memasang jaringan internet. Sehingga nasehat yang sering diucapkan bos-bos kepada para anak buahnya, antara lain tentang pentingnya ketekunan dalam bekerja di kantor, dan tidak melakukan hal yang bersifat pribadi selama jam kerja, serta jangan memakai peralatan kantor untuk urusan selain dinas.

Dulu, beberapa karyawan memang banyak yang menggunakan telpon kantor untuk keperluan pribadi. Ada juga yang memakai mesin foto kopi kantor untuk menggandakan dokumen pribadinya. 

Soal korupsi waktu, jangan ditanya lagi. Meskipun resminya jam istirahat berlangsung dari pukul 12.00 hingga 13.00, karyawan seenaknya mempercepat mulainya jam istrirahat sekaligus memperlambat mulai bekerja kembali.

Baru pukul 11-an, satu persatu karyawan ngacir mencari makan di warung amigos (agak minggir got sedikit) di belakang kantor. Setelah itu menuju masjid kantor. Bukannya langsung salat, tapi leyeh-leyeh sambil ngobrol ngalor ngidul. Hampir pukul 14.00 barulah mereka salat dan kembali ke ruang kerja.

Sebaliknya, kalau di rumah, giliran istri yang menasehati suaminya yang karyawan, agar persoalan kantor jangan dibawa ke rumah. Maksudnya biar si suami lebih santai bercengkerama dengan istri dan anak-anaknya.

Yang ingin saya tekankan, sebelum era internet merambah ke rumah-rumah, memisahkan urusan pekerjaan dan urusan pribadi, merupakan hal yang sangat disarankan. Tentu tujuannya baik, agar di kantor bisa lebih produktif, dan begitu juga di rumah bisa lebih nyaman.

Hal itu jugalah yang membuat saya selalu terlambat dalam menggunakan peralatan teknologi informasi. Ketika di kantor hampir semua orang sudah punya ponsel, saya baru "terpaksa" membeli. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline