Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Jokowi Tak Tergoda dengan Profil "Darah Biru" Anak Para Mantan Presiden

Diperbarui: 24 Oktober 2019   21:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilham Akbar Habibie (dok. republika.co.id)

Jauh sebelum Kabinet Indonesia Maju dilantik, sudah banyak beredar susunan kabinet versi media sosial. Salah satunya adalah tentang masuknya nama empat orang anak dari empat orang mantan Presiden di Kabinet Jokowi Jilid 2.

Keempat anak mantan Presiden tersebut, yang pertama adalah Ilham Akbar Habibie, putra mantan Presiden ke-3, BJ Habibie. Ilham sebagaimana bapaknya adalah seorang yang mempunyai kompetensi di bidang riset dan teknologi. Makanya Ilham dipasang di kementerian yang membidangi ristek.

Berikutnya adalah putri mantan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid, yakni Yenny Wahid. Profilnya sebagai aktivis pemberdayaan perempuan dinilai cocok buat menduduki kursi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kemudian, putra Megawati Soekarnoputri, mantan Presiden ke-5. Profilnya tidak seterkenal saudaranya Puan Maharani, tapi namanya masuk bursa pencalonan menteri versi media sosial, yakni Prananda Prabowo.

Karena jarang aktivitasnya terpublikasi di media massa, kementerian apa yang pas buat Prananda juga tidak begitu jelas. Tapi satu kursi konon sudah disiapkan untuk kakak Puan Maharani itu.

Terakhir adalah putra mantan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono, yang lebih populer dengan nama AHY. Dibandingkan dengan tiga nama di atas, AHY paling dekat jaraknya ke kursi menteri karena telah bertemu dengan Jokowi dan juga dengan Megawati.

Bahkan foto-foto selfie AHY bersama keluarga besar Megawati saat bersilaturahmi di hari lebaran Juni lalu, seperti memberi angin bahwa satu kursi, konon katanya Menteri Pemuda dan Olahraga, sudah hampir di tangan.

Hasilnya bagaimana? Sudah sama-sama kita ketahui, Jokowi ternyata tidak tergoda dengan profil "darah biru" mereka. Atau mungkin saja Jokowi sempat melirik, namun nama-nama lain lebih menggiurkan dan menjanjikan. Itulah yang akhirnya terpilih masuk skuat Kabinet Indonesia Maju yang dinilai oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai the dream team.

Kecuali AHY yang sudah mengorbankan karir cemerlang di kemiliteran untuk banting setir jadi politisi, tiga nama lain diperkirakan tidak begitu kecewa. Tiga nama tersebut meskipun kalau terpilih menjadi menteri mungkin akan bersedia, namun tidak memperlihatkan ambisi yang berlebihan. 

Apalagi bagi seorang Ilham Akbar Habibie yang tengah sibuk dengan proyek pesawat terbangnya. Like father like son, Ilham sekarang sedang membidani proyek pembuatan pesawat komersial, pengembangan dari pesawat N-250 di bawah bendera PT Regio Avia Industri.

Namun untuk AHY, kegagalan mendapatkan satu tempat di kabinet ini memang menjadi pukulan kedua setelah kekalahan di Pilgub DKI Jakarta dua tahun lalu. Tak bisa lain, AHY harus kreatif menciptakan panggung sendiri, bila masih ingin berkarir di dunia politik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline