Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Euforia Penyambutan Timnas U-22 Menjalar ke Daerah, Jangan Sampai Kontraproduktif

Diperbarui: 2 Maret 2019   20:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok tribunnews.com

Memanfaatkan waktu jeda yang sempit sebelum mulai lagi berlatih dalam rangka persiapan mengikuti babak kualifikasi Piala AFC U-23 grup K di Vietnam yang akan berlangaung pada bulan Maret ini, perayaan penyambutan timnas U-22 masih berlanjut.

Memang, karena Indonesia jarang menjuarai turnamen sepak bola, meskipun hanya di level Asia Tenggara, tentu bila terjadi euforia dalam menyambut timnas yang baru saja menggondol Piala AFF U-22 di Kamboja, dapat dimaklumi.

Setelah mendapat hadiah dari Menpora Imam Nahrawi dan kemudian dari Presiden Jokowi yang mengundang pemain ke Istana Negara, sekarang daerah atau instansi tempat beberapa pemain timnas berasal, juga memberikan apresiasi.

Tentu saja apresiasi ini sifatnya khusus untuk pemain tertentu. Contohnya, Sani Rizki yang mencetak satu gol di laga final melawan Thailand, mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Polri. Sani adalah polisi yang bertugas di Polda Metro Jaya.

Empat pemain timnas asal Jawa Timur yakni Hanif Sjahbandi, Satria Tama, Rahmat Irianto dan Dimas Drajad, diterima dalam suatu acara khusus oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa dan jajarannya di Grahadi, Gedung Negara di Surabaya. 

Kepada masing-masing pemain, Khofifah yang mengaku amat menyukai sepak bola, memberi hadiah uang tunai Rp 25 juta. Maka sungguh beruntung pemain asal Jawa Timur, karena pundi-pundinya bertambah lagi.

Sejauh ini belum terpantau apakah gubernur dari provinsi lain akan mengikuti jejak Jawa Timur atau akan cuek saja. Atau jangan-jangan malah ada Bupati di daerah asal salah satu pemain yang akan memberikan apresisi.

Gubernur Papua misalnya, pasti bangga dengan kiprah tiga pemain timnas U-22 asal Papua. Mereka adalah Marinus Wanewar, Osvaldo Haay, dan Todd Rivaldo Fere. 

Namun belum terbetik berita apakah sang Gubernur, Lukas Enembe, akan memberi uang tali asih. Hanya saja perlu dipahami, apresiasi tidak harus ditunjukkan dengan perayaan khusus dan memberikan hadiah uang. Lagipula kemampuan finansial masing-masing daerah kan berbeda-beda.

Demikian pula pemain yang dari berasal dari suatu instansi. Sebelumnya telah disinggung tentang Sani Rizki yang naik pangkat. Nah sang kapten timnas U-22 Andy Setyo yang nota bene adalah seorang tentara mungkin juga berharap nasibnya bisa seberuntung Sani Rizki.

Euforia boleh-boleh saja, asal tidak kebablasan. Makanya perlu dipikirkan juga apakah langkah pemda atau instansi tertentu tersebut akan menimbulkan kecumburuan bagi pemain yang berasal dari daerah atau instansi lain yang tidak memberikan hadiah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline