Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Pancasila Itu Sederhana, Kembali ke Hati Nurani

Diperbarui: 2 Juni 2018   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. tugassekolah.com.

Kemaren tanggal 1 Juni kita memperingati Hari Lahirnya Pancasila. Salah satu stasiun televisi menayangkan acara khusus sehubungan dengan peringatan tersebut.

Dalam acara itu ada reporter yang mencari beberapa orang secara acak yang lagi menunggu kendaraan atau yang lagi berjalan di trotoar. Reporter meminta orang yang ditemuinya itu untuk menyebutkan satu sila. 

Ada yang ditanya sila ke 4, ada yang sila ke 2. Maksudnya sengaja tidak menyebutkan secara berurutan, agar diketahui kemampuan spontanitas seseorang menjawab pertanyaan yang tak terduga.

Atas pertanyaan tersebut, ternyata ada orang yang kalau melihat penampilannya termasuk orang kantoran, yang tidak mampu menjawab, menjawab dengan terbata-bata, atau yang menjawab setelah berpikir lama sekali.

Ternyata bagi orang kantoran yang relatif  terdidik, kalau mereka telah lama bekerja di perusahaan swasta yang tidak pernah atau jarang sekali melakukan upacara bendera, tidak lagi gampang mengingat kalimat dalam Pancasila secara persis. 

Padahal waktu mereka masih duduk di bangku sekolah, pasti bunyi semua sila dalam Pancasila hafal di luar kepala. Lalu kalau begitu apakah orang kantoran kalah pancasilais ketimbang anak sekolah? Bukan sesederhana itu.

Pancasila lebih kepada nilai-nilai yang tertanam pada setiap individu sebagai warga negara Indonesia. Indikasinya adalah perbuatan atau perilaku kita sehari-hari.

Maka atas dasar itu, ada 4 kelompok bagaimana hubungan sesorang dengan Pancasila. Kelompok pertama adalah kelompok yang ideal, yakni mereka yang hafal dan juga mengamalkannya dalam keseharian.

Namun mereka yang mengamalkan, meskipun tidak hafal seperti para petani di desa yang sehari-hari bersikap jujur, rajin beribadah, toleran dengan tetangga yang berbeda agama, sekadar menyebut beberapa contoh pengamalan Pancasila, jauh lebih baik ketimbang kelompok berikutnya yang hafal, tapi tidak mengamalkan.

Jadi pejabat yang korup, pegawai negeri yang mengutip pungli, politisi yang senang mengumbar kalimat yang provokatif penuh caci maki, yang suka menyebar ujaran kebencian di media sosial, boleh jadi mereka sangat hafal dengan Pancasila. Namun perilaku kesehariannya sangat bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Kelompok paling bawah, tentu saja mereka yang tidak hafal dan sekaligus tidak mengamalkan Pancasila. Mereka mungkin para preman yang berbuat kriminal di jalanan, pelaku tawuran antar geng, dan sebagainya. Namun mereka ini bisa juga dipandang sebagai korban dari ketimpangan sosial, yang sekaligus cermin dari ketidadakmampuan negara dalam mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline