Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Debut Gemilang Djanur, Dongkrak Posisi Persib

Diperbarui: 2 Juli 2016   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dua tim yang terluka karena menelan kekalahan di laga sebelumnya saling berhadapan malam ini di Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. Persib yang minggu lalu dikalahkan Gresik United 1-2 mencoba bangkit melawan PSM Makassar yang minggu lalu kalah 0-2 dari Pusamania Borneo.

Pertandingan tersebut menjadi debut bagi pelatih Djadjang Nurdjaman yang kembali menangani Persib. Trio penyerang Persib, Robertino, Sergio van Dijk, dan Samsul Arif, langsung mengobrak abrik daerah pertahanan PSM. Di menit ke 8, Sergio sudah membobol gawang PSM, tapi dianulir wasit yang menilai Toni Sucipto yang mengirim umpan tarik ke Sergio sudah offside.

Tindakan kurang terpuji diperlihatkan para pemain PSM yang memprotes wasit secara berlebihan atas putusan pinalti karena dua orang pemain PSM melanggar Robertino di menit ke 28. Permainan terhenti 4 menit sebelum eksekusi yang akurat ke sudut kanan gawang oleh Sergio van Dijk. 1-0 buat Persib.

PSM berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui sundulan jitu Ardan Aras di menit ke 43 menyambut umpan Ferdinan Sinaga dari rusuk kiri. Namun Persib segera membayar kontan satu menit kemudian. Tendangan melengkung Atep yang mengenai tiang gawang dan memantul ke tumit Robertino, membelokkan bola ke gawang PSM. Babak pertama ditutup dengan skor 2-1 untuk Persib.

Di babak kedua Persib yang memasukkan Tantan, Zulham Zamrun, dan Kim Jeffry Kurniawan tetap menguasai permainan. Namun keasikan menyerang, justru membuat Persib kecolongan dari sebuah serangan balik di menit ke 80. Mantan striker timnas U-19, Mukhlis Hadi berhasil melewati dua pemain Persib dan tendangannya menjebol gawang. Skor jadi imbang 2-2.

Enam menit kemudian barulah Persib mencetak gol yang indah. Berawal dari tendangan penjuru Toni Sucipto yang mampu disundul Zulham, namun bola mengarah ke pemain PSM yang segera menghalau bola. Bola liar halauan tadi yang melambung tinggi, tanpa dikontrol langsung disambut tendangan volley ke pojok atas bagian kanan gawang, yang dilesakkan pemain belakang Persib, Purwaka Yudi. Gol kemenangan Persib ini membuat bobotoh berteriak histeris.

Meski Persib menang 3-2, terlalu pagi untuk menilai Djanur, panggilan akrab Djadjang Nurdjaman, telah berhasil mengangkat performa Persib, karena ujian lebih berat terjadi bila bermain di kandang lawan. Tapi ada catatan positif buat Sergio van Dijk, yang dalam usianya yang tidak muda lagi sebagai pesepak bola, mampu tampil konsisten selama 90 menit dan mulai padu dengan pemain lain.

Posisi Persib langsung terdongkrak ke peringkat 7 dari sebelumnya di peringkat 12. Adapun PSM makin melorot ke posisi 16 dari 18 klub yang berlaga di Torabika Soccer Championship.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline