Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Benua ke-5, KW 2

Diperbarui: 2 April 2016   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya lebih suka travelling ke tempat-tempat eksotik di berbagai pelosok tanah air. Namun karena di tahun 2014 alhamdulillah dapat kesempatan menginjakkan kaki selama seminggu di negara Paman Sam, maka dalam catatan saya sudah 4 benua yang pernah saya kunjungi. Tentu saja saya jadi terobsesi untuk melihat langsung benua ke 5, Afrika.

Sampai saat ini saya belum menemukan celah untuk bepergian ke Afrika. Tidak ada rotan, akar pun jadi. Hari ini saya bersyukur bisa menikmati Afrika KW 2, tepatnya di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. 

Terletak sekitar 5 jam perjalanan darat dari Surabaya arah ke timur,  taman nasional ini sebetulnya sudah ada sejak lama. Tapi baru beberapa tahun terakhir ini dipromosikan secara gencar sebagai sepotong Afrika di Jawa Timur. Ini terlihat dari padang tandus yang luas dan binatang langka yang dilepas-liarkan.

Sungguh suatu pilihan yang menarik bagi yang punya jiwa petualang. Atau bagi yang tertarik tentang konservasi satwa seperti puluhan anak muda yang lagi berkumpul berdiskusi (lihat foto). Sayang jalan dalam areal taman nasional agak jelek sehingga jarak dari gerbang masuk taman sampai ke lokasi terjauh ke Pantai Bama yang ditanami hutan bakau, sepanjang 15 km ditempuh selama 1 jam. 

Ada beberapa spot favorit untuk berfoto yakni dari anjungan atau menara pandang, tempat pajangan kepala / tanduk banteng, kerbau dan rusa, dan savana tempat padang rumput luas yang sesekali terlihat rusa dan kerbau lagi berlari atau mencari makan.

Mudah-mudahan dengan adanya penerbangan langsung dari Surabaya ke Banyuwangi, bisa menggenjot jumlah pengunjung ke Baluran, karena dari Banyuwangi tinggal 40 menit perjalanan darat arah ke utara.

[caption caption="Dpk pribadi"][/caption]

[caption caption="Dok pribadi"]

[/caption]

[caption caption="Dok pribadi"]

[/caption]

[caption caption="Dok pribadi"]

[/caption]

[caption caption="Dok pripadi"]

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline