Lihat ke Halaman Asli

Irwan Rinaldi Sikumbang

TERVERIFIKASI

Freelancer

Musium Tiga Dimensi di Bali

Diperbarui: 11 Desember 2015   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musium identik dengan benda-benda kuno, atau yang mempunyai nilai sejarah. Tapi yang mau saya paparkan saat ini bukan sejenis itu. Di Bali, tepatnya di Jalan Nakula, Legian, Kuta - Bali, telah hadir musium modern tiga dimensi. Musiumnya bernama "Dream Musium Zone, Bali 3D Trick Art".

Dari luar, gedung musium terlihat biasa saja (lihat foto). Tapi setelah masuk, arealnya cukup luas, terdiri dari beberapa tema, sebagian berada di lantai dua. Tarifnya Rp 100 ribu bagi WNI dengan mengunjukkan KTP dan Rp 165 ribu buat non-WNI. Jika semua tema dikelilingi kira-kira menghabiskan waktu 60 sampai 90 menit dengan catatan di setiap tema pengunjung berfoto rata-rata dua kali.

Ya, memang harus berfoto. Kalo gak percuma. Karena yang unik dari musium ini, dengan berbagai lukisan di dinding atau di lantai, dan pengunjung berpose dengan posisi tertentu, maka sewaktu fotonya ditayangkan, sepertinya si pengunjung sedang berada di sebuah tempat tersendiri, bukan di musium.

Perhatikan sebuah foto dua orang pengunjung,  satu orang seperti memerah susu sapi, dan satunya lagi seperti meminum langsung air susu yang memancar dari puting susu sapi. Sebetulnya pengunjung tersebut hanya meraba bagian tertentu di lukisan yang dipajang.

Ada banyak lukisan, yang kalo difoto, pengunjung terlihat seperti berada di bibir jurang yang dalam, lagi memanjat tebing yang tinggi, lagi berselancar di tengah lautan yang berombak tinggi, lagi naik perahu di Venesia, lagi terbang dengan duduk atau berbaring di atas selembar permadani, lagi duduk di atas papan penuh paku panjang, menari atau bernyanyi bersama penyanyi pop Korea, termasuk Psy dengan Gangnam Style-nya.

Pokoknya ada banyak hal yang bisa dieksplor. Yang kalau sesungguhnya takut kita lakukan atau tidak mungkin terjadi, di musium tersebut semua jadi terlihat bisa. Kalau anda lagi di Bali, tak ada salahnya memgunjungi yang satu ini.

Foto-foto: dokumen pribadi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline