Lihat ke Halaman Asli

Irva Scantika

Mahasiswa

Mahasiswan KKN Undip Melakukan Pengenalan dan Pelatihan Membaca Peta di Sekolah

Diperbarui: 13 Februari 2023   23:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Irva Scantika, mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 Tahun 2023 melakukan kegiatan pengenalan dan pelatihan membaca peta di semua sekolahan yang ada di Desa Cikadu yang dilakukan selama satu minggu dengan tujuan sebagai media pembelajaran baru bagi siswa. Seperti yang sudah kita ketahui, Peta merupakan suatu gambaran dari unsur-unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di atas maupun di bawah permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan Skala tertentu

Inovasi ini bermula pembelajaran mengenai peta masih belum banyak yang mengetahui padahal secara tidak langsung di era digital ini semua orang memanfaatkan fitur-fitur aplikasi dengan peta sebagai dasarnya. Misalnya Google Maps, Shopee, Lazada, Gojek, Grab, dan aplikasinya lainnya.

Dokpri

Sistem Pelatihan yang diajarkan sangat menarik dan mudah dimengerti oleh siswa siswi dikarenakan menggunakan presentasi power point (PPT), dan juga pembagian poster tentang peta. Selain itu, dibuat game tentang peta yang bertujuan mengetahui kemampuan siswa siswi terkait pelatihan yang sudah diajarkan.

Dokpri

Kegiatan pengenalan dan pelatihan membaca peta diikuti oleh siswa siswi MI, SD, dan SMP yang ada di Desa Cikadu dengan sangat antusias. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kami mengenal peta dan unsur-unsurnya, sistem pembelajarannya seru dan menyenangkan” ujar Laras siswa SMP N 2 Watukumpul. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan siswa siswi mampu memahami tentang peta dan kegunaannya dikehidupan sehari-hari.

Penulis : Irva Scantika/Teknik Geodesi/Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing : Septrial Arafat, S.P., M.P.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline