Secara umum pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, sekolah, dan masyarakat melalui bimbingan, pengajaran dan latihan yang berlangsung di sekolah dan luar sekolah sepanjang hayat, yang bertujuan untuk mempersiapkan anak didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat dimasa yang akan datang. Sedangkan pendidikan akhlak Islam merupakan proses mendidik, memelihara, membentuk, dan memberikan latihan mengenai akhlak dan kecerdasan berfikir baik yang bersifat formal maupun informal yang didasarkan pada ajaran-ajaran Islam.
Pendidikan akhlak ditujukan sebagai upaya pembentukan dan pembinaan akhlak pada jiwa anak, menanamkan nilai-nilai akhlak Islami, memberikan pengajaran, pembiasaan dan latihan untuk senantiasa berbuat kebaikan dan berperilaku sesuai denganakhlaq al karimah.Hal ini diwujudkan berdasarkan banyaknya kenyataan saat ini akan kemerosotan akhlak, moral dan etika dengan segala macam bentuk tingkah laku mereka yang tidak sedikit menimbulkan kekacauan bagi dirinya pribadi maupun keresahan masyarakat pada umumnya.
Berdasarkan hal tersebutlah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana corak pemikiran HAMKA (Haji Abdul Malik Karim Amrullah) dalam pendidikan akhlak dengan mengkaji kembali beberapa buku karangannya yang menjadi sumber primer. Penelitian ini juga dilakukan dengan maksud untuk mengetahui secara lebih jauh konsep-konsep pemikiran HAMKA yang ia tawarkan dalam rangka pelaksanaan pendidikan akhlak.
Penelitian yang dilakukakn ini adalah termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif denganlibrary research. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis kritis, sumber data primernya adalah karya-karya HAMKA yang berhubungan dengan pendidikan akhlak dan data sekundernya adalah karya-karya yang serupa yang mempunyai tema sama. Sedangkan untuk analisinya peneliti menggunakan cara content analysis atau analisis isi yaitu pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran para tokoh pendidikan yang kemudian dideskripsikan, dibahas dan dikritik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pendidikan akhlak menurut HAMKA adalah upaya penanaman nilai-nilai ke Islaman dalam jiwa anak, sehingga segala macam bentuk kegiatan, materi, metode dan juga pendekatan-pendekatan dalam upaya pendidikan akhlak lebih menekankan pada pembentukan sifat-sifat keutamaan sebagai wujud kesempurnaan jiwa yang tercermin dalam bentuk akhlaq al karimah.
Artikel Sumber
Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif HAMKA
http://perahujagad.blogspot.com/2011/10/pendidikan-akhlak-perpektif-hamka.html
Artikel Terkait
al-ghazali & i. miskawaih ttg pendidikan akhlak pd anak-anak
peran mata pelajaran akidah akhlak dalam membentuk perkembangan psikologis anak didik
peran pendidikan agama islam dalam membentuk kepribadian yang berakhlak mulia
metode pendidikan akhlak : studi praktik paedagogik nabi muhammad saw
korelasi prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak dengan perilaku siswa
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H