Lihat ke Halaman Asli

IRVANDY ANDRIANSYAH

GURU SMK MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA

Kembangkan Kurikulum Industri, SMK Mutu Surabaya Ajak Menyelaraskan Kurikulum dengan IDUKA

Diperbarui: 5 Oktober 2021   22:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto bersama setelah pembukaan workshop Penyelarasan kurikulum SMK dengan IDUKA ( foto : Nazih )

Dalam rangka mewujudkan kurikulum yang selaras dengan IDUKA ( Industri, Dunia Usaha, Dan Dunia Kerja ) SMK Muhammadiyah 1 Surabaya ( SMK MUTU )  mengadakan workshop Penyelarasan Kurikulum dan penyusunan bahan ajar di AULA SMK Muhammadiyah 1 Surabaya ( 5 / 10 / 2021 ) yang di ikuti oleh seluruh guru secara tatap muka yang tetap melaksanakannya dengan mematuhi protokol kesehatan.

Dalam Acara pembukaan sinkronisasi kurikulum ini dihadiri Komite Sekolah, pengawas dan Pembina Cabang dinas pendidikan wilayah sidoarjo Surabaya serta 5 perwakilan IDUKA yaitu PT Samsung Electronics Indonesia, Samsung Smart Service, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia Cabang Sidoarjo, Koperasi Syariah Wanita " Waspada " dan Bank Syariah Bukopin.

Acara yang Sinkronisasi kurikulum ini bertujuan agar tercapainya kesesuaian Antara capaian pembelajaran yang ada didalam kurikulum SMK Pusat Keunggulan dengan kompetensi yang ada didalam IDUKA dan sekaligus acara workshop ini  menghasilkan produk berupa dokumen modul ajar/ bahan ajar  bagi guru yang isinya terintegrasi pembelajaran sebagaimana didalam industri.

Renny Fiqriyah, S.Kom Selaku Kepala Sekolah dalam Sambutanya mengatakan " kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka mempersiapkan anak anak kita menuju dunia kerja melalui LINK and MATCH dengan IDUKA. 

Pertemuan ini harapannya  tidak hanya sekedar selembar mou saja melainkan untuk penyelarasan kurikulum dan mengaktualisasikan budaya kerja pada kurikulum, jadi seluruh kegiatan dalam IDUKA akan kami Adobsi sehingga nafasnya siswa SMK sesuai nafas dari IDUKA yang ketika nantinya telah terjun kedunia kerja lulusan sudah terbiasa dan tidak kaget lagi karena sudah diajarkan ".

" sebagai tindak lanjut dari acara ini kami akan mengundang guru tamu untuk mengajar dihadapan anak anak kami mengajarkan bagaimana kondisi di perusahaan secara nyata dan kami juga berharap dapat sharing informasi tentang bagaimana kompetensi lulusan yang layak dan diharapkan oleh keinginan IDUKA". Imbuhnya

Renny Fiqriyah, S.Kom Kepala SMK Muhammadiyah 1 Surabaya memberikan Sambutan ( foto : Gani )

Muhammad Jemadi, MA Selaku Komite Sekolah sekaligus Sekretaris Majelis Dikdasmen PDM Kota Surabaya dalam kesempatanya menuturkan " kami berikan apresiasi dan memberikan penghargaan yang luar biasa kepada SMK Muhammadiyah 1 yang terus melakukan kerjasama dengan IDUKA, serta mengajak komite didalamnya dalam menyusun kurikulum, Yang harapanya menghasilkan kurikulum tepat Guna  yang sesuai dengan keinginan peserta didik yang berkeselarasan dengan IDUKA".

Drs. Abdul Salam MM dalam pembukaan acara sinkronisasi kurikulum ini juga menuturkan " kami merasa bersyukur sekali dipercaya untuk membina, membimbing serta mendampingi SMK Muhammadiyah 1 sebagai  SMK  pusat keunggulan, yang mana harapanya dari SMK Pusat Keunggulan memiliki produk produk unggulan yang nanti nya produknya di salurkan melalui IDUKA sebagai patner untuk produksi hasil produk SMK dan memasarkan kepada konsumen. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline