Lihat ke Halaman Asli

Dian S. Hendroyono

TERVERIFIKASI

Life is a turning wheel

Joe Whitworth, Kiper Muda Crystal Palace

Diperbarui: 20 Maret 2023   10:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Joe Whitworth, menjadi kiper utama Crystal Palace karena dua kiper senior cedera. (Sumber: Nick Taylor/Liverpool FC/Liverpool FC via Getty Images) 

Kiper utama Crystal Palace, Vicente Guaita, harus absen gara-gara cedera hamstring saat latihan kelar pada Selasa, 14 Maret 2023. Latihan itu adalah setelah Palace kalah 0-1 melawan Manchester City di Premier League Inggris, pada 11 Maret 2023.

Sementara itu, kiper cadangan, Sam Johnstone, juga sedang berkutat dengan cedera betisnya, yang membuatnya absen sejak Februari lalu. Musim ini, Johnstone baru tampil dua kali, pada laga babak kedua dan ketiga Piala Liga Inggris. Palace sudah tersingkir sejak itu.

Mau tak mau, Palace harus memainkan kiper termuda mereka, Joe Whitworth. Setelah menjadi kiper Palace U-23 pada usia 18 tahun pada musim 2021-22, nama Whitworth menjadi anggota tim senior Palace sejak 11 Januari 2023, kira-kira hanya satu bulan sebelum usianya menjadi 19 tahun pada 29 Februari 2004. Oh well, 2023 bukan tahun kabisat, ya. Yah, pokoknya Whitworth berulang tahun ke-19 setelah 28 Februari 2023.

Dengan kontrak hingga 30 Juni 2027, Whitworth menjadi kiper termuda untuk Palace di Premier League dan kelima termuda di semua kompetisi. Status itu diresmikan dengan Whitworth tampil pertama kali pada laga tunda melawan Brighton and Hove Albion, 15 Maret lalu. Usianya 19 tahun dan 15 hari. Sayangnya, Palace kalah 0-1.

Lalu, penampilan kedua Whitworth terjadi pada akhir pekan lalu, di mana Palace bertamu ke kandang Arsenal, Stadion Emirates, pada 19 Maret 2023. Pertandingan itu adalah laga pertama yang tidak dikawal oleh manajer Patrick Vieira yang dipecat pada 17 Maret atau hanya dua hari sebelumnya.

Menghadapi determinasi tinggi para pemain Arsenal, Whitworth tidak bisa berbuat banyak. Gawangnya kebobolan empat kali. Yang pasti, pada laga itu, Whitworth menjadi pemain termuda dari kedua tim yang berlaga.

Meski sudah kebobolan lima gol dalam dua laga Premier League, agaknya Palace tidak bisa berbuat banyak. Kecuali, jika Guaita bisa pulih lebih cepat. Menurut Evening Standard, belum jelas kapan Guaita akan sembuh.

Berarti, Whitworth harus bersiap diri untuk menghadapi laga-laga berikut di Premier League bersama Palace.

Kiper bertinggi 179 cm dan bernama lengkap Joseph Charles Whitworth itu memulai karier sepak bola sebagai striker. Lalu, ia bergabung dengan Wimbledon pada usia 11 tahun. Kemudian, ia tampil mengesankan ketika diuji coba sebagai kiper oleh Wimbledon dan sejak itu, Whitworth tak pernah lagi menjadi striker.

Setelah dua tahun di Wimbledon, Whitworth bergabung dengan Palace pada usia 13 tahun dan langsung masuk tim U-14. Dia berulang kali melompati kelompok usia di akademi Palace. Whitworth melakukan terobosan ketika pada musim 2020-21, ia bergabung dengan Palace U-18 pada usia 16 tahun. Ia tampil sebanyak 20 kali, membuat enam clean sheet, ketika Palace berada di posisi kedua di Premier League South U-18.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline