Lihat ke Halaman Asli

Dian S. Hendroyono

TERVERIFIKASI

Life is a turning wheel

Manfaat Sampo Selain untuk Membersihkan Rambut

Diperbarui: 28 Februari 2023   13:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi sampo yang tak hanya berguna untuk membersihkan rambut. (Sumber: jcomp/Freepik)

Rasanya untuk yang gemar keramas, akan tahu bahwa sampo adalah pembersih yang digunakan untuk membersihkan rambut dari segala kotoran. Sampo saat ini sangat beragam fungsinya, antara lain sampo untuk rambut rontok, berketombe, diwarnai, diluruskan. Ada juga sampo untuk menebalkan rambut atau menumbuhkan rambut dengan cepat.

Tahukah Anda bahwa sampo tidak hanya berfungsi untuk membersihkan rambut? Saya menemukannya secara tak sengaja, bertahun lalu. Izinkan saya untuk bercerita sejenak.

Jadi, dulu kala, ketika saya masih mengalami (maaf) menstruasi, darah (sekali maaf) yang keluar banyak sekali. Darah sering menembus sampai ke celana jins yang saya pakai. Kalau celana dalam, yah, hopeless-lah. Pasti kena noda darah, meski saya sudah pakai pembalut ekstra panjang dan tebal.

Suatu kali, saya lupa membawa sabun cuci pakaian ke kamar mandi. Sabun itu tentu saja untuk menghilangkan noda darah di celana dalam. Mau keluar lagi dari kamar mandi, ogah banget. Akhirnya, saya perhatikan saja sabun yang ada di kamar mandi. Ketika itu, kami masih memakai sabun batang. Ketahuan 'kan betapa lamanya kisah ini terjadi. Sabun mandi cair mulai kami pakai setelah 2010-an.

Sulit juga untuk mengucek (adakah bahasa Indonesia untuk mengucek?) pakaian dengan menggunakan sabun mandi batang. Akhirnya saya melihat ke sampo. Hmm...barangkali saja bisa untuk membersihkan noda darah, setidaknya sementara sampai nanti saya cuci lagi dengan sabun cuci.

Ketika itu, belum ada yang namanya internet. Kalau sudah ada, tentunya saya akan sibuk browsing soal apakah sampo memang bisa membersihkan noda darah.

Nah, ketika saya tuangkan sedikit sampo ke noda darah di celana, beri sedikit air, dan saya kucek, ternyata darah meluntur dengan mudahnya. Walah! Dan, celana saya tidak rusak. Tidak ada warna yang luntur. Saya ingat saat itu saya memakai sampo anti-ketombe.

Ya sudah, sejak saat itu saya pakai sampo untuk membersihkan bagian pakaian yang terkena noda darah saat menstruasi. Bahkan, celana jins pun ikut sukses terbebas dari noda darah. Karena tidak kuat kalau harus mengucek celana jins, maka saya rendam saja itu celana dan dituangi sampo dalam jumlah lumayan.

Saya diamkan saja rendaman itu selama saya mandi. Kelar saya mandi, saya tengok rendaman dan noda darah di celana jins sudah luruh sepenuhnya. Saya mandi tidak lebih dari 15 menit. Jadi, kerja sampo dalam membersihkan noda darah di pakaian yang keras seperti celana jins ternyata cepat juga.

Nah, saat ini saya teringat kembali soal noda darah dan sampo. Maklumlah, saya sudah lama tidak menstruasi. Haha...

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline