Lihat ke Halaman Asli

Fenomena Pemilih Pemula (Sisi Lain Blogging Day)

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pemilih pemula adalah warga negara yang baru memenuhi syarat dan untuk pertama kali akan menggunakan hak suaranya. Pemilih pemula menjadi incaran partai politik di setiap pemilu maupun pemilukada. Potensi yang besar menjadi pertimbangan, selain juga karena mereka cenderung labil dan bimbang (belum punya pilihan) sehingga mudah dipengaruhi.

Lalu apa hubungannya dengan blogging day? Yah, ini terkait dengan penggunaan hak suara masing-masing kompasianer. Karena khusus untuk juara favorite, bukan domain tim juri untuk menilai. Tapi ditentukan dari banyaknya suara yang mereka dapat. Dimana setiap kompasianer bisa menggunakan hak suaranya pada setiap tulisan.

Pada dasarnya hampir semua kompasianer adalah pemilih pemula, karena baru pertama kali menggunakan hak suaranya dalam lomba iB Blogging Day. Namun jika “vote” itu diartikan sebagai mengapresiasi (rating dan komentar) tulisan maka itu sudah hampir setiap hari kita lakukan. Jadi bukan pemilih pemula lagi.

Ketika mengunjungi postingan para kontestan dengan niat memberi “vote”, saya menemukan beberapa komentar dari nick name yang bagi saya masih asing. Saya berfikir, mungkin selama ini saya hanya berkomunikasi dengan kompasianer yang itu-itu juga, sehingga kurang kenal sama yang lain. Karena penasaran, saya membuka profilnya dan mengamati tanggal bergabungnya. Ternyata mereka itu baru bergabung pada hari H lomba.

Yang unik, pada daftar artikel yang ditanggapi umumnya berasal dari satu akun. Jika memang mereka memulai mengapresiasi pada tulisan yang dilombakan, maka itulah yang saya maksud “pemilih pemula”. Sebenarnya tidak ada yang salah dari para pemilih pemula ini. Saya juga tidak menuduh ada mobilisasi massa (pemilih siluman) oleh para kontestan untuk memenangkan tulisannya.

Jika pun mereka bergabung di kompasiana karena ajakan para kontestan, saya malah memberi apresiasi yang positif, karena itu berarti rumah sehat ini makin populer. Saya menulis ini bukan karena saya penghuni lama, saya juga masih baru koq. Saya hanya mencoba menganalisis sebuah fenomena sosial meskipun di dunia maya. Jadi jangan dibaca serius, anggap saja saya lagi kehabisan ide untuk menulis.

Selamat berakhir pekan, semoga menyenangkan...!!!

Salam

IRSYAM SYAM




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline