[caption id="attachment_407340" align="aligncenter" width="350" caption="rikoyatra.blogspot.com"][/caption]
Pada artikel kali ini, saya akan mencoba untuk membahas sesuatu yang dikategorikan penting bagi seorang guru. Hal itu adalah metode dan media pembelajaran. Mengapa dikatakan penting ? Mari simak bersama – sama.
Salah satu bentuk atau wujud profesionalnya guru dalam mengajar adalah ditandai dengan kepiawaian guru tersebut memilih dan menggunakan metode mengajar yang tepat untuk diaplikasikan pada materi ajar yang sesuai dengan materi tersebut dan menggunakan metode yang lain untuk menyampaikan materi yang sesuai dengan pula dengan materi itu. Jelasnya dan khususnya terkait dengan metode bahwa guru yang profesional adalah guru yang mampu menerapkan metode secara bervariasi pada materi ajar yang disampaikannya. Tidak hanya penggunaan metode yang tepat yang mampu mesukseskan proses belajar mengajar, akan tetapi penggunaan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran juga mampu mendukung kelancaran proses belajar mengajar.
Hal pertama yang akan saya bahas adalah metode mengajar bagi guru. Metode mengajar itu sendiri adalah suatu cara yang digunakan guru untuk mengadakan hubungan dengan siswa ketika penyampaian bahan ajar. Dikatakan dalam bahasa lain bahwa metode mengajar itu adalah alat bantu atau cara yang digunakan guru untuk menyampaikan pelajaran.
Pentingnya guru menggunakan metode mengajar ketika menyampaikan bahan ajar, karena kedudukan metode mengajar adalah salah satu upaya agar tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, dan termasuk pula sebagai upaya menggairahkan suasana belajar siswa. Selain itu, metode mengajar juga salah satu komponen yang dapat menentukan keberhasilan kegiatan belajar mengajar.
Tidak mudah untuk menyatakan bahwa ada metode yang paling baik, paling efektif, paling benar atau paling sesuai untuk digunakan saat mengajar. Bagi seorang guru ada yang menganggap suatu metode tertentu adalah yang paling baik, namun sangat memungkinkan bagi guru yang lain metode tersebut tidak efektif atau tidak tepat.
Begitu juga kegagalan menggunakan metode tertentu bagi seorang guru, bisa jadi merupakan keberhasilan bagi guru yang lain. Untuk menjawab persoalan ini, sepertinya bukan metodenya yang keliru, namun sebenarnya banyak hal yang mempengaruhi penggunaan metode tersebut yaitu, bisa disebabkan tujuan pembelajaran dan materi ajar yang berbeda, perbedaan situasi dan kondisi di mana pembelajaran itu berlangsung atau bisa jadi disebabkan perbedaan pribadi dan kemampuan guru itu sendiri.
Solusi yang dapat diberikan ketika melakukan pemilihan dan penentuan metode mengajar ini sebenarnya terletak pada guru itu sendiri. Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa guru mesti memiliki kepiawaian memilih metode yang tepat yang tentunya guru menguasai berbagai metode. Dipastikan pula dalam hal ini ketika menggunakan metode guru juga mesti dapat menyesuaikanya dengan situasi dan kondisidi kelas.
Terkait dengan arti pentingnya metode di atas, tampaknya dapat dikatakan bahwa tidak ada satu pun kegiatan belajar mengajar yang tidak menggunakan metode. Oleh karena itu hal ini sebenarnya menunjukkan bahwa penggunaan metode dalam pembelajaran merupakan satu keharusan.
Sebagai tambahan informasi, terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat kita digunakan , khususnya bagi seorang guru antara lain :
1.Metode Ceramah
Penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar.
2.Metode Diskusi
Proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka.
3.Metode Demonstrasi
Demonstrasi sebagai metode pembelajaran adalah bilamana seorang guru atau seorang demonstrator (orang luar yang sengaja diminta) atau seorang siswa memperlihatkan kepada seluruh kelas sesuatau proses. Misalnya bekerjanya suatu alat pencuci otomatis, cara membuat kue, dan sebagainya.
4.Metode Latihan Keterampilan
Suatu metode mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membuat tas dari mute). Metode latihan keterampilan ini bertujuan membentuk kebiasaan atau pola yang otomatis pada peserta didik.
5.Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)
Merupakan suatu metode berpikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya yang dimulaidengan mencari data sampai pada menarik kesimpulan. Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir dan menggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh siswa.
Setelah mengetahui arti penting metode pembelajaran, diharapkan mampu menjadi pendidik yang tepat memilih metode pengajaran. Selanjutnya, saya akan membahas tentang media pembelajaran. Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Terdapat beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :
- Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
- Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
- Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
- Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
Selanjutnya,terdapat beberapatujuan menggunakan media pembelajaran, diantaranya
yaitu :
a. Mempermudah proses belajar - mengajar
b. Meningkatkan efisiensi belajar - mengajar
c. Menjaga relevansi dengan tujuan belajar
d. Membantu konsentrasi mahasiswa
Setelah mengetahui apa itu metode dan media pembelajaran, dapat dikatakan dua aspek ini sangat penting dan saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pengajaran yang sesuai , meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pengajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pengajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu funsi utama media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H