Lihat ke Halaman Asli

Irsyad Musyaffa Gumilar

UIN Maulana Malik Ibrahim

Pentingnya Penanganan Stres Kerja

Diperbarui: 4 November 2021   12:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pixabay

Apa? Stres kerja bisa mengganggu kinerja seorang karyawan?

Sebelumnya apa sih stres kerja itu? Stres kerja merupakan gangguan emosi yang diakibatkan tekanan atau masalah yang tidak bisa diselesaikan karyawan dalam sebuah interaksi di lingkungan kerja. Dengan kemungkinan terburuk dari stres kerja adalah karyawan mengalami gangguan mental, psikologis hingga depresi.

Penyebab stres itu bisa berasal dari mana saja seperti masalah dari dalam diri karyawan itu sendiri (melakukan kesalahan/kegagalan), lingkungan sekitar/lingkungan kerja (tempat kerja dirasa kurang nyaman), hingga masalah dari keluarga karyawan yang kemudian kinerja karyawan terdampak stres sehingga menurun.

Oleh karena itu jika terjadi stres kerja, jelas akan mengganggu kinerja karyawan di perusahaan karena hal tersebut.

Bagaimana cara mengatasi stres kerja?

Pada dasarnya stres bisa diatasi oleh diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat seperti tidur dengan cukup, makan makanan yang sehat dan rutin melakukan olahraga. Selain itu, karyawan juga harus bisa menyesuaikan diri dengan menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja dan yang terakhir memberikan hiburan kepada diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang disukai saat libur kerja.

Namun tidak semua karyawan bisa mengatasi stres kerja, disini lah peran dari perusahaan untuk mengatasi hal tersebut karena seperti yang kita tahu bahwa sumber daya manusia adalah aset yang sangat penting bagi perusahaan.

Peran perusahaan untuk mengatasi stres kerja karyawan diantaranya adalah dengan melengkapi fasilitas kantor, membuat ruangan nyaman, hingga menambahkan kegiatan lain agar tidak suntuk bekerja seperti kegiatan outdoor dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, perusahaan diharapkan memaksimalkan peran dari bagian konseling dalam membantu karyawan yang sedang mengalami masalah yang berasal dari pekerjaan maupun luar pekerjaan.

Jadi stres kerja harus segera diatasi secara tuntas dengan beberapa cara seperti diatas karena bisa mempengaruhi kinerja karyawan menjadi lebih buruk dan akan merugikan perusahaan itu sendiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline