Lihat ke Halaman Asli

Irsyad Safroni

call me Q cad

Pemberian Sosialisasi Mengenai Pemahaman Dunia Kerja dan Perkuliahan oleh Mahasiswa Universitas Mercu Buana

Diperbarui: 22 November 2021   20:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

presentasi-dokpri

Jakarta- Kepedulian para mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Mercu Buana kepada para penerus bangsa menciptakan sebuah kegiatan yang mempunyai tujuan untuk memberikan pemahaman tentang dunia kerja dan perkuliahan. 

Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual di SMAN 47 Jakarta dengan khalayak sasaran adalah para siswa dan siswi yang sudah berada di kelas XII. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam berbentuk webinar (web seminar) dengan menggunakan aplikasi Zoom pada tanggal 9 November 2021. Dalam kegiatan tersebut terlihat para siswa dan siswi yang mengikutinya sangat berantusias.

saat webinar berlangsung -dokpri

Difa lern sebagai pihak penyelenggara kegiatan ini akan memberikan sebuah edukasi tentang pentingnya menentukan pilihan setelah lulus dari SMA nanti akan bekerja atau meneruskan keperguruan tinggi. Tingginya angka pengangguran terdidik (lulusan perguruan tinggi) disebabkan oleh berbagai faktor antara lain, kompetensi keahlian tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, lulusan program studi sudah jenuh dimasyarakat, atau tidak memiliki keahlian apapun untuk bersaing didunia kerja.

Bu Nina Muziana selaku guru BK mengawali kegiatan ini dengan memberikan sambutan. Kebetulan kegiatan ini juga mengambil jam mata pelajaran beliau yang sebelumnya sudah memberikan izin kepada tim dari Difa Lern untuk memberikan edukasi kepada para murid didiknya.

Selanjutnya masuk kedalam sesi materi yang akan diberikan oleh Fitri Anggraeni dan para siswa dan siswi dari SMAN 47 tampak mulai fokus mendengarkan. Sepertinya pengetahuan seperti ini menjadi sesuatu hal yang baru bagi mereka dan tidak akan ada dimata pelajaran manapun.

Dalam penjelasannya, Fitri mengungkapkan bahwa hal apa saja yang harus dimiliki dan dipersiapkan oleh para murid yang sudah menduduki kelas XII dan yang tak kalah penting adalah mereka harus mempertimbangkan hal tersebut dalam mengambil keputusan.

Diskusipun dilakukan dalam webinar tersebut interaksi terjadi antara para murid kepada tim penyelenggara kegiatan dan berlangsung sangat menyenangkan. Dan dari pihak Difa Lern pun tidak sungkan untuk berbagi pengalaman mereka tentang bekerja sambil kuliah.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan membuat pandangan para siswa/siswi menjadi lebih terbuka dan tidak lagi ada keraguan untuk mengambil keputusan dalam melanjutkan jenjang selanjutnya setelah lulus dan menyelamatkan negeri ini dari peningkatan angka pengganguran yang terjadi pada saat ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline