Lihat ke Halaman Asli

Tes Seleksi Guru Harus Dibedakan

Diperbarui: 16 Desember 2023   18:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Selama bekerja saya sudah dua kali mengikuti tes UKG (Uji Kompetensi Guru). Entah mengapa setiap selesai mengerjakan soal UKG tersebut hati kecilku selalu bertanya, "Mengapa tes seleksi PNS/ASN untuk bidang Guru tidak ada soal seperti ini?" Dan Mengapa soal seleksi PNS disamakan dalam setiap bidangnya?.

Pertanyaan ini muncul karena di dalam soal UKG terdapat soal yang apabila orang yang bersangkutan bukan berlatar belakang sekolah pendidikan akan sulit mengerjakan alias tidak bisa. Soal tersebut misalnya meliputi urutan proses pembelajaran di kelas dan metode pembelajaran di kelas (kompetensi Profesionalisme).

Mungkin saya pikir akan lebih baik bila seleksi PNS/ASN khusus untuk guru harus dibedakan di banding yang lain. Sebab bila disamakan, lalu dimana letak perbedaan lulusan pendidikan dan non pendidikan?

Sejauh yang saya tahu jurusan pendidikan lbh condong kepada integrasi sub kajian ilmu tertentu dalam proses pendidikan. Sedangkan jurusan non pendidikan, atau orang lbh akrab menyebutnya sbg ilmu murni lebih kepada pengkajian dan analisis ilmu tertentu lebih jauh.

Jadi, Bagi orang non kependidikan soal Pedagogik (Akademik) bukanlah sebuah masalah. Tetapi untuk soal Profesionalisme hahahai...ini sangat sulit. Hehehe
Sebaliknya untuk mereka yang jurusan pendidikan tentu saja dua-duanya lebih bisa atau menguasai. Hehehehe...

Keputusan tepat bila pemerintah menghapuskan akta empat. Namun bukan cuma itu saja, seleksi Guru akan lebih baik dibedakan. Lihat di Negara Belanda sudah jauh-jauh hari Membedakan Guru dengan pegawai lainnya.

SUDAH WAKTUNYA NEGARA INDONESIA BERBICARA KUALITAS BUKAN LAGI KUANTITAS.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline