Lihat ke Halaman Asli

Irsal Efendi

Pendidik

Bagaimana Kompetisi Penelitian Meningkatkan Kemampuan Inovatif Siswa

Diperbarui: 26 September 2023   08:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presentasi siswa SMP Shafiyyatul Amaliyyah dalam ajang WICE 2023 di Malaysia - Dok. pribadi

Salah satu keterampilan yang sangat dicari dan penting untuk dimiliki oleh generasi muda saat ini adalah kemampuan berpikir inovatif. Kompetisi penelitian adalah metode yang paling efektif untuk membangun kemampuan berpikir inovatif siswa. Dengan kompetisi penelitian ini, siswa tidak hanya akan mendapatkan penghargaan atau pengakuan, tetapi juga dapat menjadi lebih inovatif.

Aktivitas penelitian seringkali mengharuskan siswa memecahkan masalah yang sulit dan menyelidiki ide-ide yang belum pernah mereka pikirkan sebelumnya. Aktivitas Ini memerlukan tingkat pemikiran yang lebih luas yang mendorong siswa untuk berpikir di luar batasan konvensional.

Selain itu juga, aktivitas penelitian memberikan tantangan yang unik kepada siswa. Siswa diharuskan  mencari cara kreatif untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dari permasalahan penelitian.  Kondisi ini yang akan mendorong mereka untuk menjadi kreatif dan menemukan cara yang efisien untuk menyelesaikan suatu masalah.

siswa mempresentasikan hasil penelitiannya kepada juri di ajang WICE 2023 - Dok. pribadi

Ketika mereka berpartisipasi dalam kompetisi penelitian, siswa biasanya diminta untuk merancang eksperimen dalam penelitian mereka sendiri. Ini memungkinkan mereka membuat pendekatan kreatif untuk mengumpulkan data dan menguji hipotesis mereka.
Sehingga siswa dapat merasakan pencapaian dan memberikan kontribusi pada pengetahuan di bidang mereka dengan melakukan penelitian mereka.

Selain itu juga, mereka sering berkesempatan untuk mendapatkan umpan balik dari mentor atau juri pada saat kompetisi. Mereka dapat menggunakan umpan balik ini untuk memperbaiki dan mengembangkan konsep inovatif mereka, sehingga setiap penelitian yang dilakukan akan terus berkembang.

Selama kompetisi penelitian, siswa juga dapat berinteraksi dengan siswa lain juga yang memiliki minat yang sama.
Kondisi ini sangat mendukung siswa untuk berdiskusi dan pertukaran ide yang mendukung inovasi dan kreativitas. Minat yang sama diantara siswa membantu mereka untuk dapat saling mengembangkan ide penelitiannya.

Presentasi siswa SMP Shafiyyatul Amaliyyah dalam ajang WICE 2023 - Dok. pribadi

Oleh karena itu, kompetisi penelitian bukan hanya tentang mencapai prestasi akademik tetapi juga tentang menumbuhkan kemampuan berpikir[ inovatif dan  kreatif siswa. Mereka dapat membangun kemampuan berpikir kreatif yang kuat melalui tantangan, penelitian, dan penemuan. Kemampuan ini akan berguna baik dalam pendidikan maupun di tempat lain. Salah satu cara terbaik untuk mendorong generasi mendatang untuk berpikir kreatif adalah dengan memperoleh kemampuan penelitian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline