Lihat ke Halaman Asli

Irmina Gultom

TERVERIFIKASI

Apoteker

[Resensi Film] Allied: Sebuah Kisah Nyata?

Diperbarui: 28 November 2016   18:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Allied official trailer in YouTube

Pertanyaan itulah yang ada di benak saya ketika saya melihat film ini mulai diputar di bioskop-bioskop, karena saya termasuk penggemar film-film yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Menonton atau membaca sebuah kisah atau peristiwa yang diberi keterangan based on the true story, rasanya seperti melihat kembali kejadian di masa lampau.

Allied yang berlatar belakang Perang Dunia II, mengisahkan tentang seorang komandan Royal Air Force (RAF), Max Vatan (diperankan oleh Brad Pitt) yang bekerja sama dengan seorang wanita pejuang Gerakan Resisten Prancis (La Resistance), Marianne Beausejour (diperankan oleh Marion Cotillard), untuk membunuh dubes Jerman di Casablanca. 

Setelah misi mereka berhasil, keduanya akhirnya menikah dan pindah ke London. Namun satu tahun setelahnya, Max Vatan mendapatkan informasi dari Section V bahwa Marianne adalah seorang mata-mata Jerman. Meskipun Max tidak percaya, pada akhirnya ia menerima perintah untuk membunuh istrinya jika Marianne terbukti merupakan seorang mata-mata Jerman. Dengan segala cara, ia mencari tahu apakah istrinya telah berbohong selama ini. 

Pada akhirnya, Max mengetahui bahwa ternyata istrinya mengambil identitas Marianne Beausejour yang asli dan membenarkan bahwa ia adalah seorang mata-mata Jerman yang diperintahkan untuk membunuh dubes Jerman di Casablanca karena kebetulan sang dubes adalah seorang pembangkang. 

Kisah cinta sesungguhnya pun dimulai ketika Max dihadapkan pilihan untuk patuh pada perintah atau menuruti kata hatinya. Max akhirnya mengajak Marianne dan anak perempuannya yang masih balita untuk pergi dari London. Namun malang, kepergian mereka dihadang oleh atasan Max. Sadar tidak ada jalan keluar, Marianne akhirnya bunuh diri untuk menyelamatkan Max dari sanksi yang akan menjeratnya jika diketahui melindungi mata-mata Jerman.

https://en.wikipedia.org/wiki/Allied_(film)

Lalu apakah sebenarnya kisah ini benar-benar terjadi? Sang penulis skenario, Stephen Knight, menceritakan bahwa kisah ini ia dapatkan tiga puluh tahun yang lalu dari seorang wanita saat perjalanannya ke Amerika Serikat. Sang wanita menceritakan bahwa ia memiliki seorang kakak laki-laki yang pernah bertugas sebagai eksekutif operasi khusus di wilayah musuh pada Perang Dunia II, yang jatuh cinta pada seorang wanita pejuang gerakan Resisten Prancis. 

Kelak mereka memiliki seorang anak dan kemudian diketahui bahwa sang wanita adalah seorang mata-mata. Namun mengingat Stephen tidak memperoleh kisah ini secara utuh dan memperoleh bukti yang cukup, maka kebenarannya tidak bisa dikatakan seratus persen. Itulah sebabnya, ketika menonton, saya tidak melihat keterangan based on the true story itu.

Namun begitu, film ini cukup berkesan untuk saya. Brad Pitt dan Marion Cotillard sangat total dalam memerankan tokoh mereka. Chemistry di antara mereka begitu terbangun, sehingga konon, film ini juga dikabarkan sebagai salah satu faktor yang menyebabkan perceraian pasangan Brangelina yang sempat heboh diberitakan beberapa waktu lalu (oke, ini sekadar intermeso). Dan karena film ini banyak mengambil setting di wilayah Prancis, maka cukup banyak adegan yang menggunakan Bahasa Perancis yang memang terdengar 'indah'. 

Meskipun film berlatar belakang perang yang diwarnai dengan beberapa adegan tembak-tembakan, cerita tetap difokuskan pada kisah romansa Max dan Marianne, sehingga terasa begitu dramatis dan menggugah hati. Dan durasi film selama 124 menit pun tidak terasa membosankan. Bravo Zemeckis!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline