Lihat ke Halaman Asli

Irmawati

Privasi

Memahami Makna pada Vidio Klip Armada "Awas Jatuh Cinta"

Diperbarui: 27 November 2021   11:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Essay!
Oleh : Irmawati

Memaami Makna pada Vidio Klip Armada - Awas Jatuh Cinta

Lagu "Awas Jatuh Cinta" yang dibawakan oleh Band Armada merupakan sebuah lagu yang menceritakan tentang kehidupan percintaan. Lagu "Awas Jatuh Cinta" ini di ciptakan oleh sang gitaris bernama Andika Maihendra Yuda atau yang biasa disapa Mai. Lagu ini menceritakan bagaimana ungkapan hati seseorang yang cintanya bertepuk sebalah tangan, bahkan orang yang kita cinta malah sangat membenci atau terang-terangan tidak suka dengan kita. Namun dibalik lagu ini juga tersimpan pesan untuk berhati-hati dengan sesuatu yang kita benci. Karena jika terlalu membenci bisa menjadi terbalik jadi suka/cinta. Lagu ini ternyata terinspirasi dari kisah nyata Mai atau sang pencipta, dimana dulu ia pernah mendekati istrinya saat masih sekolah namun selalu ditolak.

Pada vidio klip "Awas Jatuh Cinta" ini sekilas terlihat seperti film pendek yang menggunakan lagu Armada sebagai Soundtrack-nya. Tetapi jika dilihat dengan benar, sebenarnya itu adalah sebuah Vidio Klip dari lagu "Awas Jatuh Cinta" yang menggambarkan bagaimana lirik lagunya, hanya saja dikemas seperti sebuah film pendek agar terlihat lebih menarik. Yang menjadi pemeran dalam vidio klip juga merupakan artis muda terkenal yaitu Angga Yunanda dan Yasmin Napper. Dari vidio klip tersebut penonton tidak hanya disuguhkan alunan musik saja, tetapi juga ikut menyaksikan secara singkat bagaimana gambaran cerita dari lagu tersebut. Sehingga membuat penonton menjadi Baper (Bawa Perasaan).

Adegan dalam vidio klip tersebut juga menjelaskan bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh seorang pemuda, agar sang pujaan hati bisa jatuh kedalam pelukannya. Iringan musiknya pun berbanding lurus dengan jalan cerita dari vidio klipnya. Bahkan kostum dan properti yang digunakan pun sangat mendukung. Kostum yang digunakan oleh laki-lakinya dominan berwarna biru, sedangkan wanitanya dominan berwarna pink. Bahkan payung yang digunakan ketika hujan pun berwarna biru dan pink. Sangat disesuaikan dengan karakter masing-masing.

Dalam vidio klip tersebut berlatar tempat disebuah kampus, menjelaskan bahwa kisah ini dialami oleh kehidupan anak remaja menuju dewasa. Terlihat bagaimana sosok laki-laki yang diperankan oleh Angga Yunanda, memiliki karakter lembut, santai, sopan, dan pembawaannya adem. Walaupun sudah diperlakukan acuh dan selalu diabaikan oleh perempuan yang ia cintai. Sedangkan sosok wanita yang diperankan oleh Yasmin Napper, memiliki karakter feminim dan cuek. Namun ketika melihat semua perjuangan laki-laki yang mencintainya terus-menerus, selalu ada untuknya, maka hatinya pun sedikit demi sedikit menjadi luluh dengan perlahan.

Sebenarnya, kebanyakan wanita akan merasa risih atau bahkan illfeel ketika selalu didekati, dikejar, atau diikuti oleh laki-laki yang tidak ia suka. Namun ketika laki-laki tersebut terus mengganggunya setiap hari, selalu muncul dihadapannya setiap hari, maka itu akan menjadi kebiasaan. Wanita akan merasa kehilangan jika apa yang menjadi kebiasaannya menghilang. Begitupun pada lirik lagu tersebut, yang akhirnya wanita tersebut menyadari bahwa ia sudah terbiasa diganggu oleh laki-laki yang mencintainya, bahkan sering kali membantu dan menolong ketika ia kesusahan. Dari rasa kehilangan tersebut munculah perasaan ingin selalu bersamanya, sehingga menimbulkan rasa nyaman yang akhirnya menjadi cinta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline