Lihat ke Halaman Asli

Irmawati

Mahasiswa

Mengubah Kreativitas Menjadi Peluang Bisnis : Kisah Awal Bisnis Buket Bunga Radhita Florist

Diperbarui: 24 Januari 2025   16:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto toko buket bunga. (Sumber :  Petra via Pinterest)

Bisnis adalah aktivitas atau usaha yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau organisasi untuk menghasilkan keuntungan dengan menyediakan barang atau jasa kepada konsumen. Nah dengan seiring berjalannya waktu, bisnis-bisnis dengan berbagai bidang mengalami perkembangan. Salah satu bisnis yang mengalami perkembangan yang sangat pesat adalah bisnis buket bunga.

Di Indonesia bisnis buket bunga telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan ini didorong oleh meningkatnya permintaan selama acara-acara spesial terutama terlihat selama musim wisuda, di mana permintaan buket bunga melonjak tajam. Tren ini juga didukung oleh perubahan preferensi konsumen yang semakin menghargai estetika dan personalisasi dalam pemberian hadiah. Desain minimalis dengan sentuhan natural, seperti penggunaan bunga liar dan elemen alami, menjadi pilihan populer di kalangan konsumen.

Selain itu, kesadaran lingkungan akan turut mempengaruhi industri ini. Toko bunga yang menerapkan praktik ramah lingkungan, seperti menggunakan bunga lokal dan mengurangi limbah plastik, mendapatkan respons positif dari pelanggan. Hal ini sejalan dengan meningkatnya permintaan akan produk yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Foto buket bunga. (Sumber : Gunroy8112 via Pinterest)

Bisnis buket bunga adalah usaha yang fokus pada pembuatan dan penjualan rangkaian bunga atau produk lain yang disusun menjadi buket (karangan bunga). Buket bunga biasanya digunakan sebagai hadiah atau dekorasi untuk berbagai acara, seperti pernikahan, hari ibu, ulang tahun, wisuda, hari guru hingga perayaan lainnya.

Buket bunga kini tidak hanya digunakan sebagai hadiah pada momen-momen spesial, tetapi juga sebagai simbol penghargaan dan ekspresi emosi dalam berbagai acara bahkan sebagai ekspresi seni yang mencerminkan kreativitas perangkainya. Buket bunga tidak hanya sekadar produk dekoratif, tetapi juga memiliki nilai emosional yang mampu menyampaikan pesan secara mendalam. Fenomena ini menunjukkan bahwa buket bunga bukan sekadar barangkonsumsi, melainkan juga media komunikasi.

Salah satu bisnis buket bunga yang terletak di Kabupaten Bandung yaitu. "Radhita Florist" ialah bisnis buket yang bergerak dibidang kreatif dan kerajinan tangan. Bisnis buket bunga ini menjual berbagai macam produk buket mulai dari buket bunga, buket snack, buket boneka, buket uang dan buket lainnya tergantung permintaan konsumen.

Foto berbagai jenis buket. (Sumber : Firmansyah via pinterest)

Bisnis buket bunga Radhita Florist merupakan bisnis yang baru berdiri pada tahun 2024. Pemilik toko ini adalah seorang anak muda yang bernama Salma Ismah Ramadhani. Bisnis Radhita Florist belum memiliki karyawan, pemilik bisnis ini mengelola bisnisnya sendirian, tetapi orang tuanya suka membantu dalam menyiapkan pesanan dan mempromosikan bisnis ini.
Alasan pemilik usaha memulai bisnis buket bunga ini, karena pemilik usaha mempunyai hobi yang senang membuat berbagai kreasi kerajinan tangan dan juga banyaknya permintaan pasar akan kerajinan yang dibuat, yang mana tengah populer di masa kini. Customer juga  menjadi motivasi bagi pemilik usaha untuk menekuni bisnis buket bunga ini dan terus berinovasi membuat karya-karya lainnya.

Saat memulai untuk membuat bisnis seorang pembisnis akan menghadapi banyak rintangan seperti keterbatasan modal, kurangnya pengalaman, keterbatasan sumberdaya, persaingan, membangun merek, mencari pelanggan, menghadapi kerugian dan masih banyak tantangan lainnya yang akan di hadapinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline