Lihat ke Halaman Asli

irman muhamad ridwan

Sebagai Pengajar ikut serta dalam mencerdaskan anak

Berbuka Puasa (Ifthor), Berbagi Makanan dan Sahur

Diperbarui: 12 April 2022   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

republika.co.id

Berbuka Puasa (ifthor), Berbagi Makanan dan Sahur

Berbuka puasa merupakan saat dinanti-nanti bagi yang berpuasa. azan maghrib menjadi suara dambaannya. Ada sebetulnya hikmah ketika saat berbuka respons terhadap suara azan. Suara azan itu hakekatnya panggilan dari Allah SWT yang merasa hatinya terpanggil.

Bulan ramadhan ini harus dijadikan latihan merespon cepat panggilan Allah SWT bukan saja untuk berbuka puasa akan tetapi menjadi pembiasaan untuk segera melaksanakan salat.

Berbagi saat berbuka puasa adalah panggilan hati merespon anjuran karena pahala yang didapatkan bagi orang yang berbagi makanan untuk orang yang berbuka puasa. Bagi orang yang berpuasa harus segera menyegarakan berbuka tetapi harus mengakhirkan sahur.

Sahur jangan ditinggalkan bagi orang yang mau melaksanakan puasa besok hari karena didalam sahur ada keberkahan.

Berbuka Puasa (Ifthor)

Berbuka puasa merupakan anjuran Allah SWT dan Rasul-Nya untuk membatalkan puasa. Puasa ada aturannya dan berbuka pun ada aturannya. Tidak boleh kita melebihi waktu yang telah ditentukan untuk berbuka hukumnya adalah makruh. Makruh adalah hukum yang mendekatkan pada hukum haram.

Puasa dalam Islam tidak memberatkan mungkin ada puasa yang tidak disyari'atkan berhari-hari tidak boleh berbuka dan buka puasa ada yang berbuka cukup dengan air putih saja lantas kemudian melanjutkan puasa kembali. Puasa tersebut menjadi tanda tanya, apakah puasa tersebut karena dilandasi karena Allah SWT dan Rasul-nya? Atau puasa yang ada maksud-maksud tertentu, misalkan puasa karena ingin harta, terkenal, atau ingin kedudukan.

Tentu saja puasa tersebut puasa yang tidak disyaria'atkan atau tidak sesuai apa yang diperintahkan Allah SWT dan Rasul-Nya. Sampai-sampai untuk tidak berbuka puasa. Berbuka puasa dianjurkan dan ada waktu-waktu yang telah ditentukan. Buka puasa ada waktunya, sahur ada waktunya, tarawih ada waktunya, do'a puasa ada waktunya, salat malam ada waktunya. Puasa mengajarkan untuk disiplin.

Disiplin terhadap waktu. Hikmah berpuasa diantaranya mendisiplinkan waktu salah satu ada saat berbuka puasa. Berbuka puasa dianjurkan makan kurma. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline