Lihat ke Halaman Asli

irman muhamad ridwan

Sebagai Pengajar ikut serta dalam mencerdaskan anak

Bulan Rajab adalah Bulan Isra Miraj dan Awal di Perintahkan Salat Lima Waktu

Diperbarui: 6 Maret 2022   17:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bulan Rajab adalah Bulan Isra Miraj dan Awal di Perintahkan Salat Lima Waktu

Bulan Rajab merupakan bulan yang  diagungkan oleh Allah Swt.  Bulan Rajab nama bulan dari dua belas bulan yang ditentukan Allah swt. Empat bulan yang dimuliakan salah satunya bulan Rajab. Empat bulan tersebut diantaranya: Muharam,Rajab, Zulqodah dan Zulhijah.

Bulan Rajab dinamakan bulan haram karena pada bulan tersebut Allah Swt melarang seluruh hamba-Nya untuk berbuat dosa atau melakukan hal yang dinilai haram menurut syariat Islam. Hal ini telah Allah Swt sampaikan dalam surat At Taubah ayat 36 yang berbunyi:

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

Bulan Rajab adalah bulan dimana diperintahkan salat lima waktu yaitu ketika Nabi Muhammad Saw di Israkan dan di Mirajkan Oleh Allah SWT. Peristiwa Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW di perintahkan salat lima waktu. Peristiwa Isra miraj ini diterangkan oleh Allah Swt dalam surat Al-Isra ayat 1:

Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.

Dari peristiwa isra miraj Nabi Muhammad Saw dan umatnya diperintahkan melaksanakan salat lima waktu. Salat lima waktu ini kemudian di wajibkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

Shalat Lima Waktu Merupakan kewajiban yang harus di laksanakan

Salat lima waktu adalah salah satu rukun Islam umat muslim yang wajib ditunaikan. Kewajiban dalam melaksanakan salat 5 waktu telah diriwayatkan dalam hadist Ibnu Abbas radhiyallahu anhu yang berbunyi:

"Bahwasannya Nabi SAW. telah mengutus Muadz R.A. ke Yaman, lalu beliau bersabda kepadanya, 'Ajaklah mereka (penduduk Yaman) untuk bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan sungguh aku adalah utusan Allah, jika mereka menaatinya, maka beritahukan mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka lima salat dalam sehari semalam," HR. Al-Bukhari. https://www.merdeka.com/trending/bacaan-niat-sholat-fardhu-5-waktu-lengkap-beserta-tata-caranya.html

Syarat dan Rukun Salat 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline