Lihat ke Halaman Asli

KKN 146 UINSU

Mahasiswa

Meningkatkan Kewaspadaan Penyalahgunaan Narkoba Dan Miras Di Kalangan Pelajar Dan Masyarakat

Diperbarui: 24 Agustus 2023   16:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengonsumsi Narkoba Merupakan bahaya bagi Kehidupan dan Kesehatan. Jadi, Mahasiswa KKN 146 Uinsu mengadakan sosialisasi untuk menghindari bahaya narkoba dan meningkatkan kesadaran masyarakat di Desa Hasahatan Jae tentang dampak negatif bagi pengonsumsi narkoba.

Dalam Sosialisasi Tersebut Bapak AKP AGUS M.BUTAR-BUTAR. S.H Kasat narkoba Polres Padang Lawas sebagai Narasumber "Menyampaikan" beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat agar terhindar dari bahaya narkoba dan miras, salah satunya melakukan kegiatan seperti: Berolahraga, Menjaga Pergaulan, Memperhatikan Lingkungan, Dan melakukan kegiatan yang positif.

Bapak AKP AGUS M.BUTAR-BUTAR. S.H Kasat narkoba mempertegas khususnya bagi perangkat desa agar memperhatikan tempat-tempat perkumpulan remaja supaya terhindar dari penyalahgunaan narkoba dan miras.

Bahaya narkoba sudah di jelaskan dalam Q.S Al-Baqarah Ayat 219

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ ۖ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا ۗ وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

"Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: "Yang lebih dari keperluan". Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir".

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa mengonsumsi narkoba dan miras lebih banyak dampak negatif dibanding dampak positifnya, dengan demikian tujuan dari sosialisasi ini dibuat agar masyarakat terhindar dari penyalahgunaan narkoba.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline