Lihat ke Halaman Asli

Irmadd_

Blog pribadi

Kini Siswa-Siswi SD Islam Al-Hikmah Tahu Bagaimana Mengolah Sampah Menjadi Sesuatu yang Berguna

Diperbarui: 12 Agustus 2021   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Ngadipurwo, Kabupaten Blora -- (16/4/2021) Belakangan ini tren daur ulang sampah kian bermunculan. Sampah yang semula hanya memenuhi tong sampah ternyata mampu diolah menjadi sesuatu yang lebih berguna. Sampah pun tidak dapat dipungkiri keberadaannya, termasuk di lingkungan sekolah SD Islam Al-Hikmah. 

Masih terdapat sampah non-oranik yang belum terolah. Alasan tersebut yang membuat mahasiswa Kampus Mengajar menginisiasi adanya kegiatan daur ulang
sampah dengan sasaran siswa-siswi SD Islam Al-Hikmah.

Jenis sampah yang diolah oleh siswa-siswa adalah sampah non organik seperti bekas minuman, cangkang telur, plastik, dan sedotan yang ada disekitar lingkungan sekolah. Beberapa jenis daur ulang yang dihasilkan adalah figura foto, tempat pensil, bunga, dan jenis kerajinan lainnya. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kepada siswa-siswa akan pentingnya mengelola sampah dengan baik, dan bahayanya apabila sampah dibiarkan tidak terurai. Selain itu, dengan kegiatan ini juga diharapkan siswa-siswi mampu lebih sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, sekaligus melatih kreativitas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline