Lihat ke Halaman Asli

Managemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

MANAGEMEN STRATEGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Manajemen dibutuhkan dalam semua hal. Inti manajemen berkisar pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan monitoring akan membuat program pendidikan anak usia dini berjalan dengan lancar

Disinilah pentingnya manajemen professional agar PAUD berhasil secara maksimal

Kelembagaan

Suatu lembaga pendidikan agar dapat berjalan secara efektif dan efisien diperlukan adanya penataan, pengaturan, pengelolaan, dan kegiatan lain yang sejenis. Langkah-langkah tersebut harus dikonsepkan secara sistematis.

Komponen Kelembagaan


  1. Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  2. Pengelolaan Peserta Didik
  3. Manajemen Sarana dan Prasarana
  4. Manajemen Keuangan

Tahapan Mengajar Anak Usia Dini

Usia 0-3 tahun = Anak dapat mengikuti kegiatan di sekolah taman bermain

Usia 5 tahun = Anak diberikan kegiatan yang bisa memberi kesempatan untuk mengobservasi sesuatu

Usia 6-12 tahun = Memperbanyak untuk melatih kemampuan anank untuk bercerita

Metode Pengajaran

Metode Global (Ganze Method)

Anak belajar membuat suatu kesimpulan dengan kalimatnya sendiri

Metode Percobaan (Experimental method)

Metode pengajaran ini mendorong dan memberi kesempatan anak melakukan percobaan sendiri

Metode Learning by doing

Pembelajaran Bilingual

Metodologi Glenn Doman

Metodologi Glenn Doman, yaitu mengajarkan anak bayi kita untuk membaca. Gleen Doman menggunakan metode ini kepada anak yang mengalami cedera otak, sehingga menjadikan anak tersebut lebih terlambat dari nak-anak yang seusianya, baik dalam hal bicara, membaca ataupun menganalisis. Metode Glenn Doman mengajar anak belajar dalam suasana yang sangat nyaman. Seolah-olah si anak diajak bukan belajar, tetapi bermain dengan riang. Suasana inilah yang menimbulkan keingintahuan anak meningkat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh kasih orangtua terhadap anak

Kurikulum

Kurikulum pada pendidikan anak usia dini didisain berdasarkan tingkat perkembangan anak.

Materi maupun metodologi pendidikan yang dipakai dalam rangka pendidikan anak usia dini harus benar-benar memperhatikan tingkat perkembangan mereka.

Kompetensi akademis merupakan alat untuk mencapai tujuan, dan manipulasi diihat sebagai materi yang berguna untuk mengembangkan diri anak

Keterampilan

Keterampilan yang seharusnya dikuassai anak-anak paud adalah keterampilan melukis, menggambar, memainkan permainan edukatif, mengenali kemampuan terbesarnya dengan latihan intensif.

Dalam konteks ini guru berperan aktif mengembangkan keterampilan anak didik secara maksimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline