Lihat ke Halaman Asli

irma jayanti

Mahasiswa/Akuntansi Syariah/Iain Palangkaraya

Jenis Aset Investasi

Diperbarui: 7 Maret 2023   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Irma Jayanti

Dosen Pengampu : Puput Iswandyah Raysaharie., S., M.E.

Mata Kuliah : Analisis Investasi &Portofolio

Aset investasiialah  asset yang berwujud atau tidak berwujud yang mempunyai /memiliki penghasilan pendapatan tambahan atau dapat memberikan manfaat dan memiliki kenaikan nilai di masa depan. Banyak orang tidak dapat membedakan aset dan mana yang sebenarnya merupakan liabilitas yang malah membuat memakan biaya.

Apa itu asset ialah sumber daya yang dimiliki oleh suatu pihak baik individu maupun kelompok yang bisa memberikan pemiliknya keuntungan. Atau dengan kata lain, aset adalah kekayaan atau modal yang bisa diberikan keuntungan di masa mendatang.

Dalam bisnis, perusahaan biasanya melakukan pembelian suatu aset dengan berbagai tujuan untuk seperti meningkatkan nilai perusahaan atau investasi.

Oleh Karena itu, yang dikatakan aset harus memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi sehingga bisa dijual untuk memberikan pemiliknya uang tunai.

Jenis jenis asset

1. Jenis Aset Berdasarkan Konversi

Pertama, asset ini dikelompokan pada seberapa mudah saat aset tersebut untuk dilakukan pencairan atau dikonversikan menjadi uang tunai atau berdasarkan aset likuid. Berdasarkan konversinya, pengelompokan aset adalah sebagai berikut.

Aset Lancar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline