Lihat ke Halaman Asli

Gebrak Pasar Tapai Lokal Pondokdalem ke Luar Kota, KKN Kolaboratif Universitas Jember Terapkan Branding Logo bagi Pelaku UMKM

Diperbarui: 23 Agustus 2022   23:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi pada UMKM [Dok. Pribadi]

Dalam dunia bisnis, branding menjadi salah satu aktivitas yang sangat penting sebagai salah satu strategi marketing di era globalisasi. Branding sangat diperlukan karena dapat membantu produk yang ditawarkan menjadi lebih dikenali oleh konsumen dan meningkatkan nilai produk, sehingga konsumen percaya terhadap produk kita. Kepercayaan konsumen adalah hal penting dalam pemasaran suatu produk. Branding juga dapat menjadi sarana promosi untuk menonjolkan keumggulan dari produk yang ditawarkan dengan produk pesaing.


Proses peragian tapai [Dok.Pribadi]

Desa Pondokdalem merupakan salah satu desa di Kecamatan Semboro, Jember, Jawa Timur. Desa Pondokdalem memiliki beberapa potensi desa yang dapat dikembangkan, salah satunya produk makanan yaitu Tapai. Produk tapai di Desa Pondokdalem masih dipasarkan dengan menggunakan plastik tanpa logo dan kemasan yang baik.

Penyerahan label produk [Dok. Pribadi]

Berdasarkan permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Kolaboratif Universitas Jember kelompok 117 terjun langsung ke UMKM tapai yang ada di Pondokdalem untuk melakukan branding produk tapai dengan membuat desain logo pada kemasan besek. Salah satu cara dalam membangun brand adalah dengan menciptakan logo yang baik. Karena logo merupakan sebuah representasi visual yang akan membuat produk tapai menjadi lebih unik dan menarik dibandingkan produk pesaing. Dalam bidang pemasaran, logo berfungsi untuk memperkuat iklan dalam pengenalan identitas produk kepada masyarakat.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline